SDA Perintahkan Perumahan Tak Layak Huni Diloloskan

Meilikhah    •    Rabu, 04 Nov 2015 12:08 WIB
suryadharma ali
SDA Perintahkan Perumahan Tak Layak Huni Diloloskan
Suryadharma Ali di pengadilan---MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Zaenal Abidin Supi, Ketua Tim Perumahan sekaligus Direktur Pelayanan Haji 2010, mengaku ditelepon Suryadharma Ali untuk menyetujui perumahan yang diusulkan Mukhlisin, anggota Komisi VIII DPR dari PPP, untuk digunakan sebagai pemondokan jemaah haji. Padahal, berdasarkan pengamatan langsung tim, perumahan itu termasuk tak layak huni.

"Pak Menteri (SDA) menanyakan kenapa yang diajukan Mukhlisin ditolak? Karena jauh, tidak familiar, dan rawan kriminal. Kemudian Pak Menteri melanjutkan, pemilik rumah akan menyediakam bus salawat dan menyediakan pos pengamanan agar jemaah tinggal di situ terayomi. Kalimat itu saya jawab, baik pak," kata Zaenal saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan atas terdakwa Suryadharma Ali di Pengadilan Tipikor, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2015).

Jaksa kemudian menanyakan apa alasan Zaenal mengiyakan pernyataan SDA. Zaenal mengatakan, yang meminta dirinya menyetujui adalah Suryadharma Ali.

"Sebagai manusia normal saya memahami, bahwa itu perintah. Ya saya jalankan," kata Zaenal.

Sebelum mendapatkan telepon perintah dari Suryadharma, Zaenal menjelaskan, tim perumahan mendapatkan tawaran dari calo perumahan bernama Ujang Syahroni, tapi empat rumah tersebut tidak masuk peta wilayah yang ditentukan Kementerian Agama. Lantaran, jauh dari Masjidil Haram.

Setelah ditolak, penawaran Ujang Syahroni kemudian dimasukkan kembali ke tim perumahan oleh Mukhlisin, anggota Komisi VIII. Setelah itu, Zaenak mengaku ditelepon Suryadharma.

"Rumahnya ada di Syarekh Mansyur 1 dan Syarekh Mansyur 2. Jadi ada empat rumah, dua rumah seperti hotel bintang tiga, dua lagi rumah biasa. Kira-kira rumah besar bintang tiga itu muat 5.000-an jemaah," jelas Zaenal.


(TII)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA