Jokowi Beri Pesan untuk Peserta Program Lemhanas 2015

Desi Angriani    •    Rabu, 04 Nov 2015 12:31 WIB
jokowi
Jokowi Beri Pesan untuk Peserta Program Lemhanas 2015
Jokowi memberi pembekalan kepada peserta pendidikan Lemhanas 2015----Ant/Widodo Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo memberi pesan buat ratusan peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke-53 dan Peserta Pendidikan Singkatan Angkatan (PPSA) ke-20 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Istana Negara. Pesan Jokowi terkait dengan pentingnya menjaga ketahanan nasional di tengah pelemahan ekonomi global.

"Saya ingin beri gambaran betapa sekarang ini kompetisi antarnegara itu begitu sangat ketatnya. Persaingan, gesekan, dan benturan-benturan itu sangat terlihat sekali. Saya berikan contoh kemarin krisis ekonomi di Yunani, padahal sangat jauh sekali tetapi kita juga terkena imbasnya," kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).

Di tempat yang sama, Gubernur Lemhannas Budi Soesilo Soepandji mengatakan, peserta baru saja selesai mengikuti pendidikan dan menyandang status alumni. Mereka terdiri atas TNI, Polri, kementerian/lembaga, MA, Kejaksaan Agung, perguruan tinggi, BPK, Kadin, inspektorat provinsi, Komnas HAM, Komnas PA, partai politik, perbankan, kedokteran, ormas, dan tokoh masyrakat.

"PPSA berlangsung selama 5,5 bulan dibuka 11 Mei dan berakhir 5 November 2015. Sedangkan PPRA 53 berlangsung 7,5 bulan dibuka 3 Maret dan berakhir 29 Oktober 2015," ungkap Budi.

Adapun peserta PPSA berjumlah 79 orang. Terdiri dari 40 orang pejabat senior terpilih setingkat eselon I dan II dari TNI/Polri sedangkan 39 orang lainnya berasal dari berbagai profesi. Sementara alumni PPRA ke-53 berjumlah 117 orang. Termasuk 11 orang berasal dari negara sahabat, yaitu Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Srilanka, Timor Leste, Papua Nugini, Australia, Aljazair, dan Zimbabwe.


(TII)