Gubernur BI Bahas Kondisi Ekonomi dengan Presiden Finlandia

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 04 Nov 2015 13:07 WIB
bank indonesia
Gubernur BI Bahas Kondisi Ekonomi dengan Presiden Finlandia
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo. MTVN/Eko Nordiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, pertemuan dengan Presiden Finlandia Sauli Niinisto banyak membicarakan prinsip perekonomian kedua negara.

"Tadi Presiden Finlandia datang ke BI kemudian kami membicarakan secara prinsip terkait ekonomi khususnya Finlandia dan Indonesia. Juga terkait ASEAN dan perlembangan Euro zone dan kondisi ekonomi dunia," kata Agus, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).

Di samping itu, keduanya juga membicarakan perihal ekonomi Indonesia dan Finlandia di kawasan masing-masing. Termasuk pula kondisi keuangan dan perbankan Indonesia pada masa sekarang.

"Diskusi kami lebih banyak diskusi dengan ekonomi negara masing-masing, inisiatif regional dan ekonomi dunia. Beberapa yang saya jelaskan adalah antara lain, sekarang kita sudah punya sektor keuangan dan perbankan yang kuat," bebernya.

Mantan Menteri Keuangan Indonesia ini juga menceritakan bagaimana Indonesia mampu melewati krisis ekonomi, mulai dari krisis 1997-1998, kemudian krisis di Amerika Serikat dan Eropa hingga krisis di negara berkembang seperti sekarang ini.

"Saya jelaskan Indonesia sebetulnya ambil pelajaran banyak dari krisis Asia 1997-1998 itu bukan hanya krisis ekonomi tapi juga sosial dan politik. Tetapi, saya jelaskan Indonesia belajar dari krisis itu," tutup dia.



 


(SAW)