8 Tips Sehat untuk Pria

   •    Rabu, 04 Nov 2015 15:17 WIB
kesehatan
8 Tips Sehat untuk Pria
Pria harus rajin makan makanan sehat. (foto:imgarcade.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Disease Control and Prevention (CDC) dan lembaga terkemuka lainnya, penyakit seperti jantung, kanker, pernapasan kronis, stroke, dan diabetes tipe 2, umumnya penyebab utama kematian para pria di dunia ini. Itu mengapa pria perlu melakukan pola hidup yang lebih sehat lagi.

Dan berikut, beberapa tips berdasarkan ahli Sertifikasi Holistik Nutrisi Therapist, Syeda Kiran Zahra Hussain untuk 'mendongkrak' pria bergaya hidup lebih sehat lagi.

1. Makan sehat
Menyantap makanan bergizi memberikan Anda energi ekstra dan mengurangi Anda terkena penyakit tertentu. Sertakan sayuran, buah-buahan dan produk susu bebas lemak di menu harian Anda. 

2. Menjaga berat badan sehat
Kegemukan meningkatkan risiko Anda terkena stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Rutinlah mengecek timbangan agar Anda dapat mengendalikan porsi makan Anda. 

3. Bergerak aktif 
Aktivitas fisik yang dilakoni secara teratur baik untuk kesehatan Anda. Mulailah dengan mencari olahraga yang mudah seperti bersepeda ataupun berlari.

4. Berhenti merokok
Merokok dikaitkan dengan banyak penyebab utama kematian, seperti stroke, penyakit paru-paru dan kanker. Ini tidak hanya berlaku untuk perokok aktif ,namun perokok pasif juga. 

5. Rutin check up
Biasakan untuk melakukan medical check up setiap bulannya. Pada bulan-bulan tertentu jangan lupa untuk meminta skrinning seluruh tubuh agar dapat mendeteksi penyakit sedini mungkin. 

6. Hindari alkohol
Berbagai jenis minuman keras telah dikatikan dengan risiko penyakit kanker, hipertensi dan masalah psikologis lainnya. 

7. Mengelola stres
Setiap orang pasti mengalami stres dalam hidupnya. Maka dari itu, Anda harus mencari pilihan yang sehat dalam mengatasi stres yang Anda idap supaya tidak membahayakan kesehatan Anda.

8. Cukup tidur
Pria kebanyakan gemar begadang. Mulai sekarang hentikanlah kebiasaan buruk tersebut. Tidak cukup tidur dapat mempengaruhi suasana hati dan kesehatan Anda secara keseluruhan. (Sumarni/ Times of India)


(LOV)