Dwelling Time Bisa 1 Hari, Jika...

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 04 Nov 2015 16:07 WIB
dwelling timekemenko maritim ads
<i>Dwelling Time</i> Bisa 1 Hari, Jika...
Cikarang Dry Port. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Karawang: Penimbunan barang di pelabuhan (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok dapat diselesaikan hanya satu hari jika kereta sudah bisa masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok.

"Dwelling time itu gampang sebetulnya. Kalau Cikarang Dry Port (CDP) ini dimaksimalkan bisa satu hari," ujar Deputi II Bidang Jasa dan SDA Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya (Kemenko Maritim) Agung Kuswandono, saat ditemui di Jababeka Golf, Karawang, Rabu (3/11/2015).

Dirinya mengatakan yang menjadi permasalahan selama ini lantaran pemasangan rel kereta yang belum selesai sekaligus banyak pihak-pihak yang selalu meributkan persoalan pembangunan rel kereta.

"Mau pasang rel kereta saja pada ribut. Begitulah yang terjadi di Tanjung Priok," keluh Agung Kuswandono seraya mengatakan info dwelling time terbaru saat ini sekitar 4,2 hari.

Padahal, jika rel kereta tersebut sudah lekas terjadi, barang-barang yang baru turun dari kapal akan langsung dipindahkan ke kereta. Dengan begitu, penimbunan barang tidak harus lama-lama.

"Jadinya barang langsung diangkut sama kereta. Kan cakep itu," kata Deputi II Bidang Jasa dan SDA Kemenko Maritim itu.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Cikarang (KPPCTMP Cikarang) Djanurindo menjelaskan jika barang yang datang ke pelabuhan ditarik ke CDP, dwelling time bisa turunkan hingga 2,38 hari. Menurutnya sistem di CDP masih terpadu.


(AHL)

Vonis untuk Novanto (3)

Vonis untuk Novanto (3)

7 hours Ago

Skenario Setya Novanto untuk menghindarkan diri dari jerat KPK semakin jelas. Setidaknya itulah…

BERITA LAINNYA