Bantar Gebang Ditutup, Kabupaten Bogor Siap Tampung Sampah Jakarta

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 04 Nov 2015 16:07 WIB
sampah jakarta
Bantar Gebang Ditutup, Kabupaten Bogor Siap Tampung Sampah Jakarta
Sampah di Bantar Gebang (Foto: MI/Rommy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Kabupaten Bogor menawarkan kerja sama penanganan sampah kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta DKI. Kabupaten Bogor siap menampung sampah dari Jakarta jika Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, ditutup.
 
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi mengatakan, pihaknya membuka peluang kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk menjajaki kerja sama dalam penanganan sampah. Kabupaten Bogor siap menampung sampah Jakarta jika Bantar Gebang tidak mampu menampungnya.
 
"Kalau sampah bisa kita kemas dengan baik akan menjadi hal yang positif," kata Ade di Jalan Raya Cileungsi, Bogor Timur, Jawa Barat, Rabu (4/11/2015).
 
Ade mengungkapkan, Pemerintah Bogor memiliki Tempat Pembuangan dan Pengelolaan Akhir Sampah (TPPAS) di Nambo. TPPAS Nambo sudah berjalan dan sudah ada kerja sama dengan Pemerintah Depok untuk mengatasi masalah sampah di Jawa Barat.
 
Ade menyarankan Ahok, panggilan Basuki Tjahaja Purnama, menemui Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan untuk membahas kerja sama ini. "Nanti kapasitas (penampungan sampah) di Nambo ini bisa diperbesar, kalau Ahok mau melakukan kerja sama," ujar Ade.


(FZN)