Tekan Inflasi, BI Tingkatkan Koordinasi dengan Pemda

   •    Rabu, 04 Nov 2015 16:12 WIB
inflasi
Tekan Inflasi, BI Tingkatkan Koordinasi dengan Pemda
Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Manado: Bank Indonesia (BI) meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) guna menekan angka inflasi pada Oktober 2015 yang cukup tinggi.

"Inflasi Kota Manado pada Oktober 2015 sebesar 1,49 persen merupakan yang tertinggi secara nasional, membuat pihak BI akan lebih meningkatkan koordinasi guna menekan angka tersebut," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Peter Jacobs, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Rabu (4/11/2015).

Peter mengatakan pemerintah dan Tim Pegendali Inflasi Daerah (TPID) harus sama-sama mencari jalan keluar akan kondisi harga sejumlah kebutuhan pokok yang menjadi pemicu utama inflasi Kota Manado sebesar 1,49 persen. Dia mengatakan pihak BI akan berupaya agar koordinasi ini mendapatkan jalan keluar yang terbaik.

"Pada Oktober 2015 yang mejadi pemicu utama yakni daun bawang, tomat sayur, dan cabai rawit yang cukup mengagetkan, "jelasnya.

Ia menambahkan, meningkatnya inflasi di Kota Manado tampaknya tidak berpengaruh signifikan ke masyarakat. Namun tanpa disadari sebenarnya pendapatan riil masyarakat mengalami penurunan.

"Pendapatan riil masyarakat turun akibat naiknya harga kebutuhan pokok yang cukup tinggi, karena harga bahan makanan yang naik tersebut tetap saja dikonsumsi oleh masyarakat," jelasnya.

Dalam hal ini, lanjutnya, masyarakat harus tetap membeli meski harga mengalami kenaikan sehingga sehingga mengorbankan biaya yang lain seperti pendidikan dan sebagainya. "Oleh sebab itu, pemerintah harus secepatnya mengambil langkah tepat agar harga sejumlah kebutuhan pemicu inflasi tidak semakin tinggi," pungkasnya. 


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA