Truk Sampah DKI Tak Laik, Ahok: Ada Oknum Otak Proyek

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 04 Nov 2015 17:06 WIB
sampah jakarta
Truk Sampah DKI Tak Laik, Ahok: Ada Oknum Otak Proyek
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Foto: Sigid Kurniawan/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Truk pengangkut sampah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diadang warga Cileungsi. Salah satu sebabnya, truk tak laik mengangkut sampah. Ada air merembes yang menimbulkan bau tak sedap. 

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui kondisi truk tak sempurna. Kondisi ini, membuat Ahok, sapaan Basuki, kesal. Itu lantaran pada masa pemerintahan sebelumnya ada pihak yang ingin mencari keuntungan lebih di tengah proyek pengadaan truk sampah di Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

Ahok mengatakan, harusnya DKI sudah memiliki truk sampah anti licit (air yang merembes) sejak tahun lalu. Namun, ada pihak yang memotong anggaran tersebut. Akibatnya, jumlah truk yang akan dibeli berkurang dan mengharuskan DKI untuk menyewa truk dari pihak swasta.

"Masih ingat enggak 2013 beli truk hilang semua di anggaran? Otaknya mau nyewa, otak proyek. Kalau nyewa bisa enggak ada permainan? Mungkin bisa," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).

Padahal, Ahok bilang ada perusahaan swasta yang mampu menyiapkan truk sebanyak 1.000 sampai 2.000 unit sekaligus. Namun, pihak Dinas Kebersihan DKI saat itu mengaku swasta hanya mampu menyediakan 20 sampai 50 truk. "Jadi tujuannya mau sewa lagi," ungkap Ahok.

Hal serupa juga pernah terjadi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Air DKI Jakarta. Ahok bilang, pihak dinas sengaja menyebut bahwa swasta tak mampu menyediakan alat berat untuk melakukan konstruksi.

Saat musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Air DKI malah meminta izin menggunakan pihak ketiga demi mempercepat konstruksi. " Terus ujung-ujungnya bilang 'Pak ini sudah musim hujan, sungai belum selesai dikeruk semua. Kita ada anggaran, gimana kalau kita bayar swasta lagi yang ngeruk Pak?' Jadi otaknya itu mau otak proyek," kata Ahok.



(KRI)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA