Samsung Kuasai Pasar Smartphone di India

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 04 Nov 2015 17:34 WIB
samsung
Samsung Kuasai Pasar Smartphone di India
Di India, produk favorit buatan Samsung adalah jajaran Galaxy J. (AFP PHOTO / Manjunath KIRAN)

Metrotvnews.com: Perlahan tapi pasti, India menjadi sebuah pasar yang penting bagi industri smartphone dunia. Saat ini, semakin banyak perusahaan lokal maupun asal Tiongkok yang berharap dapat memasuki pasar negara berkembang ini dengan menawarkan berbagai smartphone berharga terjangkau. Meskipun begitu, Samsung tetap berhasil mendominasi pasar.

Berdasarkan data Counterpoint Research, Samsung tetap menjadi pemimpin di pangsa pasar India untuk kuartal ketiga tahun 2015. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 23,2 persen, sedikit turun jika dibandingkan dengan pangsa pasar mereka di kuartal dua, yaitu 24,5 persen.

Micromax, sebuah merek lokal, justru berhasil naik dari 16,7 persen menjadi 17,7 persen. Sementara itu, dalam pasar ponsel, yang merupakan campuran antara pasar smartphone dan pasar feature phone, Samsung berhasil meraih posisi puncak dengan pangsa pasar sebesar 19 persen dan Micromax berada di posisi dua dengan pangsa pasar 13,8 persen.

Sepeti disebutkan CNET, meskipun di negara-negara Barat Samsung lebih dikenal dengan berbagai gadget andalan mereka, seperti Galaxy S6 dan Galaxy Note 5, di India, produk Samsung yang paling populer adalah jajaran Galaxy J dan juga Galaxy A.

Pasar India merupakan salah satu pasar penting. Berdasarkan data IDC, di kuartal dua, pasar smartphone India berhasil tumbuh sebesar 44 persen, sementara pasar di AS dan Tiongkok tak menunjukkan perubahan apa pun. IDC menduga, di tahun 2017, India akan menjadi pasar smartphone terbesar kedua di dunia.

Uniknya, pesaing utama Samsung, Apple, hanya berhasil mendapatkan pangsa pasar sebesar 1 persen dengan jumlah penjualan sebanyak 1,7 juta smartphone. Meskipun begitu, di dunia, Apple memiliki pangsa pasar yang besar, yaitu 9 persen.


(MMI)