BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Sumsel 5,2%

   •    Rabu, 04 Nov 2015 17:48 WIB
ekonomi daerah
BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Sumsel 5,2%
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Palembang: Bank Indonesia (BI) Wilayah VII memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel) akan berkisar 5,2 persen hingga 5,7 persen sampai akhir penutupan 2015 atau lebih tinggi dari capaian pada kuartal III-2015 sebesar 4,87 persen.

Kepala BI Wilayah VII Sumsel Hamid Ponco Wibowo mengatakan, perkiraan ini dilandasi oleh adanya sejumlah kegiatan berkaitan dengan peran daerah sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 di 2018.

"Pergerakan ekonomi mulai terasa sejak pertengahan tahun, karena adanya pembangunan sejumlah infrastruktur, seperti jalan tol, jembatan, dan lainnya. Karena itu pula, BI optimistis pertumbuhan ekonomi Sumsel juga bakal naik lagi di 2016," ungkap Hamid, seperti dikutip dari Antara, di Palembang, Rabu (4/11/2015). 

Hamid menambahkan, BI memperkirakan secara tahunan (yoy) pertumbuhan ekonomi Sumsel pada kuartal III-2015 sebesar 4,87 persen, atau sedikit lebih tinggi dibandingkan pada kuartal sebelumnya 4,67 persen.

Pertumbuhan perekonomian secara tahunan ini didukung oleh akselerasi investasi pemerintah sehingga sejalan dengan meningkatnya belanja modal pemerintah. Sementara itu, investasi swasta relatif masih terbatas.

"Peningkatan investasi pemerintah tercermin dari meningkatnya proyek-proyek pemerintah yang telah memasuki tahap konstruksi," pungkas dia.


(ABD)