Kebutuhan Infrastruktur Negara Kepulauan Lebih Banyak dari Negara Daratan

Dheri Agriesta    •    Rabu, 04 Nov 2015 17:52 WIB
infrastruktur
Kebutuhan Infrastruktur Negara Kepulauan Lebih Banyak dari Negara Daratan
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). ANTARA FOTO;/Ari Bowo Sucipto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui pembangunan infrastruktur merupakan bahasan yang tak akan ada habisnya. Indonesia, kata JK, akan memiliki kebutuhan pembangunan infrastruktur lebih banyak sebagai negara kepulauan.

"Kalau penduduk Malaysia hanya 25 juta orang, kita berarti nanti kebutuhan kita 10 kali lipat kebutuhan Malaysia. Jangan lupa infrastruktur itu negara kepulauan jauh lebih banyak dibutuhkan dibandingkan negara daratan," kata JK di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).

Indonesia memiliki sepuluh pulau besar yang dipisahkan laut. Sedangkan pulau kecil yang ada di Indonesia tersebar lebih dari 13.466 pulau. Hal ini yang membuat infrastruktur lebih banyak dibandingkan negara daratan seperti Malaysia.

JK mencontohkan kebutuhan Indonesia akan listrik. Masyarakat Indonesia sangat membutuhkan energi ini untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Pembangunan pun kini sedang diupayakan pemerintah. Pemerintahan Jokowi JK menargetkan 35 ribu megawatt pembangkit listrik dalam waktu lima tahun pemerintahan.

Oleh karena itu, investasi dalam pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan untuk kepentingan semua.

"Semua itu butuh pembangunan yang lebih cermat dan investasi lebih. Maka investasi pemerintah akan penting untuk semua. Itulah harapan kita semua perlu solusi yang baik dari kita semua," kata JK.



(SAW)