Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Jalan di Wilayah Perbatasan

Husen Miftahudin    •    Rabu, 04 Nov 2015 18:50 WIB
perbatasan
Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Jalan di Wilayah Perbatasan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menggenjot pembangunan jalan, khususnya jalan yang ada di wilayah perbatasan. Hal ini guna mendorong kegiatan ekonomi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pihaknya saat ini memprioritaskan pembangunan jalan di wilayah perbatasan yang ada di Kalimantan dan Papua. Untuk perbatasan Papua dengan Papua Nugini, Kementerian PUPR akan membangun jalan Trans Papua sepanjang 4.300 kilometer (km) yang ditargetkan selesai pada 2018.

"Itu akan kita jawab bahwa Trans Papua sekitar 4.300 km sampai dengan 2018 nanti. Perbatasan Papua dengan Papua Nugini juga akan kita kerjakan sekarang ini," kata Basuki, ditemui usai hadiri acara Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2015, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).

Selain itu, pihaknya juga akan membangun jalan raya dan jalan bebas hambatan di perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan Timor Leste. "Perbatasan Timor Leste dan NTT. Pada hari ini pemerintah mencanangkan groundbreaking di sana karena kita akan mengembangkan kawasan perbatasan, jalan dan tol-nya," papar dia.

Sementara wilayah perbatasan di Pulau Kalimantan, pemerintah tengah membangun jalan sepanjang 1.672 km yang akan menghubungkan Arun di Kalimantan Barat dengan Long Midang di Kalimantan Utara. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada 2018.

"Tak hanya itu, kawasan pintu lintas batas negara (PLBN) juga kita modernisasi dan kita perbaiki sehingga menjadi layak disebut sebagai pintu lintas batas negara, karena saat ini sangat tidak layak. Itu pun akan kita fokuskan di sana dengan empat lajur median di tengah. Jadi kaya jalan tol nanti antara Long Midang, kemudian di Entikong dan Langabadao akan kita kerjakan semua," pungkas Basuki.


(AHL)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA