Mendagri Izinkan Airin Pulang saat Pendidikan di Harvard

   •    Kamis, 10 Oct 2013 23:09 WIB
Mendagri Izinkan Airin Pulang saat Pendidikan di Harvard
ANTARA/M Agung Rajasa/bd

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi memberikan izin kepada Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany untuk pulang menjenguk suaminya, Tubagus Chaeri Wardhana (Wawan), yang menjadi tersangka penyuapan Ketua MK nonaktif Akil Mochtar. Airin diizinkan pulang meski sedang menjalani pendidikan dan pelatihan di Harvard, Amerika Serikat, dengan alasan kemanusiaan.

"Kalau dia minta izin, saya izinkan. Kalau suaminya sudah dipenjara, dia di luar negeri, tentulah dia harus menunjukkan keprihatinannya kepada suaminya dengan mengurus anaknya. Kalau dia minta izin, saya izinkan," kata Gamawan di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (10/10).

Sekadar informasi, Airin diberikan pendidikan dan pelatihan di Harvard Kennedy School selama tiga pekan. Airin baru menjalankan pendidikannya itu selama beberapa hari.

Gamawan menilai, pemberian izin akan diberikan kepada Airin melihat faktor kemanusiaan semata. "Ini kan ada musibah. Kalau ada musibah kan pantas kita berikan pertimbangan. Faktor kemanusiaan pantas untuk dipertimbangkan," papar Gamawan.

Meski mengakui akan memberikan izin, Gamawan belum mengetahui lamanya waktu yang akan diberikan. "Kita lihat dululah, saya cek. Dia disitu kan satu bulan. Ini sudah dijalankan berapa hari," ujar Gamawan. (Fidel Ali Permana)