Kelola Dulu Potensi Daerah, Baru Pikirkan Pemekaran

Amaluddin    •    Rabu, 04 Nov 2015 19:37 WIB
madura mau jadi provinsi
<i>Kelola Dulu Potensi Daerah, Baru Pikirkan Pemekaran</i>
Peta Madura/Antara

Metrotvnews.com, Surabaya: Pakar ekonomi dari Universitas Airlangga Surabaya, Wasiaturrahma, berharap kepala daerah di empat Kabupaten di Pulau Madura lebih memikirkan bagaimana mengoptimalkan potensi daerah. Sebab, kata Rahma, banyak potensi alam di Madura yang yang perlu dikembangkan.

"Saya yakin jika empat bupati di Madura bergandengan tangan, Madura pasti maju dan bisa meningkatkan potensi kekayaan alam yang dimilikinya. Sebab, untuk maju itu tidak perlu jadi provinsi," kata perempuan yang juga dosen Ekonomi dan Bisnis, Unair saat dihubungi di Surabaya, Rabu (4/11/2015).

Menurut Rahma, Madura memiliki cukup banyak kekayaan alam yang perlu ditingkatkan. Di antaranya, pariwisata laut, migas, perkebunan, peternakan dan pertanian. "Saya harap empat bupati, yakni Bupati Bangkalan, Bupati Sumenep, Bupati Sampang dan Bupati Pamekasan berkomitmen membangun dan meningkatkan potensi yang ada agar bisa maju," tuturnya.

Dia mencontohkan Kabupaten Lamongan yang terus berkembang dan kemajuan pesat dari sisi ekonomi. Padahal, kata dia, potensi alam yang ada di Lamongan jauh dibandingkan dengan potensi yang dimiliki Pulau Madura.

"Sekarang Lamongan terkenal dan dikunjungi banyak orang dari pelosok tanah air. Nah, Madura harusnya jauh lebih baik. Misalnya, masyarakat Madura berbisnis di Madura, bukan berbisnis di daerah-daerah lainnya. Inilah yang harus diperhatikan oleh empat bupati di Madura," kata dia.


(UWA)