Ketua PWI: Kasus Raffi Ahmad Koreksi bagi Wartawan

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 05 Nov 2015 02:15 WIB
raffi ahmad
Ketua PWI: Kasus Raffi Ahmad Koreksi bagi Wartawan
Raffi Ahmad meminta maaf kepada PWI (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia P)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), Margiono, menanggapi positif kedatangan Raffi Ahmad ke kantor PWI guna meminta maaf atas guyonannya yang dinilai melecehkan profesi wartawan.

Melalui selembar surat pernyataan dan juga penyampaian secara langsung, Raffi mengungkapkan penyesalannya.

"Surat ini ditujukan kepada ketua umum PWI, maka saya terima, maka maaf saya langsung saya berikan kepada Raffi. Dalam hal ini, PWI tidak pernah mempermasalahkan masalah ini, tapi permintaan maaf langsung dilakukan dari yang bersangkutan, maka saya apresiasi," papar Margiono, saat ditemui di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).

Berkaca dari hal tersebut, Margiono menilai jika masalah ini sekaligus kritik yang baik bagi wartawan.

"Omongan  wartawan terima amplop itu sudah menjadi perbincangan berbagai pihak, dan itu koreksi kita. Dan karena yang mengucapkan adalah Raffi Ahmad yang seorang public figure, maka hal ini jadi luar biasa dampaknya. Dengan permintaan maaf Raffi, maka saya rasa masalah ini sudah selesai," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Raffi tampil di program acara Happy Show TransTV, pada Minggu, 1 November 2015. Dia melontarkan candaan bahwa wartawan mata duitan dan segala urusan dengan wartawan beres asalkan ada uang.

"Kalau wartawan lagi ngeriung (kumpul), lagi ngejar berita, giniin saja (lempar) duitnya. Wartawan kan, setiap orang kan mata duitan, giniin saja," kata Raffi Ahmad kepada Billy Syahputra, sambil tangannya melempar dan menyebar uang receh.

Akibat candaan tersebut, personel grup BBB ini mendapat protes pewarta. Poros Wartawan Jakarta dan Forum Wartawan Hiburan Indonesia pada Senin, 2 November 2015, mengeluarkan keterangan pers berisi pernyataan keberatan atas lelucon Raffi karena dianggap menghina profesi wartawan.


(ROS)