Bayern Muenchen vs Arsenal

Muenchen Permak Arsenal di Allianz Arena

A. Firdaus    •    Kamis, 05 Nov 2015 04:49 WIB
liga champions
Muenchen Permak Arsenal di Allianz Arena
Bayern Muenchen sudah pesta gol ke gawang Arsenal Foto: AP Photo/Kerstin Joensson)

Metrotvnews.com, Muenchen: Bayern Muenchen menuntaskan dendam mereka atas Arsenal pada lanjutan matchday ke-4 grup F Liga Champions. Tak tanggung-tanggung, Meriam London mereka paksa bertekuk lutut dengan skor 5-1 di Allianz Arena.

Dengan kemenangan ini, Muenchen masih berada di puncak klasemen dengan mengoleksi enam poin. Skuat Josep Guardiola ini unggul selisih gol dari Olympiakos yang juga mencetak tiga poin saat menjamu Dinamo Zagreb. Sementara nasib Arsenal kian tipis untuk lolos ke fase knock out, karena baru mengemas satu kemenangan.

Muenchen mendominasi jalannya babak pertama dengan menekan tim tamu. Peluang pertama didapatkan pada menit ketujuh. David Alaba mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan jarak jauh. Sayang, tendangannya jatuh tepat ke pelukan Petr Cech.

Mengurung pertahanan Arsenal sejak dini ternyata berjalan sukses. Tepat menit ke-10, tuan rumah membuka gol via tandukkan Robert Lewandowski, hasil umpan Thiago Alcantara. Gol ini merupakan yang keempat bagi penyerang internasional Polandia tersebut di Liga Champions, sekaligus membuat Muenchen memimpin 1-0.

Arsenal coba membalas. Pada menit ke-12, Mesut Oezil mencetak gol usai memanfaatkan crossing Nacho Monreal. Sayang wasit menganulir gol tersebut karena sebelum masuk, bola lebih dulu menyentuh tangannya. Bukannya mencetak gol, Oezil malah diganjar kartu kuning.

Muenchen menggandakan skor menjadi 2-0. Kali ini dicetak Thomas Muller yang memanfaatkan bola liar hasil sepakan Kingsley Coman. Petr Cech kesulitan mengantisipasi bola dari Muller sehingga harus rela gawangnya kembali bobol.

Bahkan pada menjelang turun minum, David Alaba turut menyumbang gol. Akselerasinya menembus pertahanan Arsenal, diselesaikan dengan baik. 3-0 Arsenal tertinggal dari tuan rumah, setidaknya hingga babak pertama berakhir.

Usai turun minum, Guardiola coba menurunkan Arjen Robben pada menit ke-55, dan menarik Coman. Ini merupakan aksi pertama Robben di Liga Champions musim ini.

Strategi tersebut ternyata berjalan efektif. Baru 37 detik Robben di lapangan, ia langsung mencetak gol. Sentuhan pertamanya tersebut usai memanfaatkan umpan dari Alaba. 4-0 untuk Muenchen.

Arsenal tak mau menyerah meski tertinggal 0-4. Terbukti pada menit ke-69, Oivier Giroud membuat gol indah bagi timnya, sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-4.

Bermula dari umpan Alexis Sanchez, Giroud menerimanya dengan sempurna. Penyerang asal Prancis itu menahan bola dengan dada, sebelum melepaskan tendangan voli yang tak mampu ditahan Manuel Neuer. 

Ternyata gol dari Giroud tak memberikan efek besar buat perkembangan permainan Arsenal. Sebab Muenchen kembali menambah koleksi golnya ke gawang Cech pada menit 89.

Berawal dari serangan balik, Muller membuat gol keduanya untuk Muenchen pada laga ini. Sekaligus membawa Muenchen kian meninggalkan Arsenal dengan skr 5-1. Gol dari Muller menjadi penutup pesta gol Muenchen ke gawang Arsenal.

Susunan Pemain:
Muenchen: Neuer; Lahm, Boateng (Benatia 68'), Martínez, Alaba; Alonso, T. Alcântara, Coman (Robben 55'); Müller, Costa, Lewandowski (Vidal 71'). 

Arsenal: Čech; Debuchy, Gabriel, Mertesacker, Monreal; Coquelin, Cazorla (Chambers 87'); Sánchez, Özil, Campbell (Gibbs 59'); Giroud (Iwobi 85').


(ACF)