Cikarang Dry Port Menanti Kereta Pelabuhan

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 05 Nov 2015 08:25 WIB
cikarang dry port
Cikarang Dry Port Menanti Kereta Pelabuhan
Cikarang Dry Port. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Karawang: Kereta pelabuhan yang diusulkan oleh pemerintah diyakini akan ampuh untuk mengurangi kemacetan di pintu masuk dan keluar pelabuhan, selain ampuh juga mengurangi penimbunan barang yang berlarut-larut.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Cikarang (KPPCTMP Cikarang) Djanurindo Wibowo mengatakan adanya kereta pelabuhan maka waktu tiba kontainer di pelabuhan darat Cikarang Dry Port (CDP) dari Pelabuhan Tanjung Priok akan lebih cepat.

"Kalau dibawa pakai kereta, waktu tempuhnya dari Priok ke sini (Cikarang) hanya satu jam," ujar Djanurindo Wibowo, saat ditemui di Kawasan CDP, Karawang, Rabu, 4 November.

Selain itu, kereta pelabuhan bisa membawa banyak kontainer dalam waktu yang sikat. Menurutnya satu rangkaian kereta dapat mengangkut sebanyak 60 teus (kontainer). Sehingga hal ini sekaligus mengurangi biaya pengeluaran untuk kendaraan.

"Transportasi cost lebih rendah, dari keamanan barang juga lebih aman kalau truk kan bisa dirampok, kereta lebih susahlah," imbuh Djanurindo.

Selama ini, kontainer dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju CDP selalu dibawa menggunakan truk. Baginya yang menjadi kendala adalah masalah macetnya dalam perjalanan terutama saat hendak keluar masuk pelabuhan. Oleh sebab itu Ia ingin kereta pelabuhan tersebut segera diselesaikan.

"Kalau menggunakan truk, berangkat tengah malam, dua jam dari Priok ke Cikarang, kalau siang? Kebayang dari Bekasi ke sini saja bagaimana," keluhnya.


(AHL)