Jambi mulai Susun Penentuan Jalur Kereta Api Trans Sumatra

Antara    •    Kamis, 05 Nov 2015 08:44 WIB
transportasi
Jambi mulai Susun Penentuan Jalur Kereta Api Trans Sumatra
Sejumlah pekerja mempersiapkan jalur kereta, Ant

Metrotvnews.com, Jambi: Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tengah menyusun study trase atau penentuan jalur kereta api Trans Sumatra. Jalur itu direncanakan membentang dari batas Jambi-Sumatera Selatan hingga perbatasan Jambi-Riau.

"Pemda diberi tanggung jawab penyusunan tahap awal, dan saat ini prosesnya tengah dilakukan penyusunan trase yang nantinya akan dilalui Kereta Api Trans Sumatra," kata Kepala Seksi Perencanaan dan Teknik Dishub Provinsi Jambi Candra di Jambi, Kamis (5/11/2015).

Diperkirakan, jalur tersebut memiliki panjang kurang lebih 200 Km. Direncanakan, penyusunan study trase rampung pada akhir tahun.

"Untuk jalurnya di Provinsi Jambi mengikuti Jalan Lintas Sumatra bagian timur yang akan melewati Kota Jambi, Kabupaten Maurojambi dan Tanjung Jabung Barat," sambung Candra.

Setelah itu Pemda akan melanjutkannya dengan proses Land Acquisition Resettlement Action Plan (LARAP) atau rencana tindakan pengadaan tanah dan permukiman.

"Setelah proses study LARAP itu rampung. Kemudian dilanjutkan study Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)," kata Chandra.

Berturut-turut setelah itu adalah proses pembebasan lahan dan proses penyusunan studi Detail Engineering Design (DED).

"Pembebasan lahan dan study DED ini nantinya dilakukan pemerintah pusat," pungkasnya.


(RRN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA