Olahraga yang Tepat untuk Penderita Asma

Nia Deviyana    •    Kamis, 05 Nov 2015 09:58 WIB
kesehatan
Olahraga yang Tepat untuk Penderita Asma
Berenang olahraga terbaik untuk penderita asma. (Foto:popsugar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Olahraga atau latihan fisik yang berat menjadi salah satu faktor kambuhnya penyakit asma. Meski demikian, bukan berarti penderita asma tidak dibolehkan berolahraga.

Dikatakan Dr. Ratnawati, MCH, SpP(K), PdD, Spesialis Paru dan Pernapasan Siloam Asri, penderita asma boleh berolahraga. Namun, disarankan mengonsumsi obat pelega 15-20 menit sebelumnya. 

"Asma yang kambuh setelah berolahraga terjadi karena saluran pernapasan penderita kering. Napas yang terengah-engah adalah penyebabnya (yang membuat saluran pernapasan kering). Jadi, pilihan olahraga juga sebaiknya dipertimbangkan, tapi bukan berarti membatasi," imbau dia.

Adapun berenang menjadi olahraga terbaik untuk penderita asma. Sebab, akan ada uap air yang masuk ke rongga pernapasan saat berenang, sehingga saluran pernapasan tidak akan kering. Namun, Ratna menekankan penderita untuk tidak berenang di pantai.

"Larutan garam yang ada di air laut menyebabkan jalan napas kering," imbau dia. 

Sementara, asma juga bisa sering kambuh pada wanita yang tengah hamil. Beberapa faktor yang menyebabkan kekambuhan, diantaranya perubahan hormon, janin yang semakin besar sehingga menekan paru, serta stres.

"Itulah mengapa, penanganan asma pada wanita hamil semakin rumit," pungkasnya.


(LOV)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA