Personel Militer Rusia di Suriah Bertambah Menjadi 4.000

Willy Haryono    •    Kamis, 05 Nov 2015 10:08 WIB
isis
Personel Militer Rusia di Suriah Bertambah Menjadi 4.000
Ledakan melanda kota Talbiseh dekat kota Homs, Suriah, 15 Oktober 2015. (Foto: AFP / HO / TALBISSEH YOUTUBE CHANNEL)

Metrotvnews.com, Washington: Personel militer Rusia di Suriah bertambah menjadi sekitar 4000, sejak melancarkan operasi melawan kelompok militan Islamic State (ISIS) untuk kali pertama pada 30 September. 

Moskow, yang menyiagakan kekuatan militer di Suriah sejak lama, diperkirakan hanya memiliki 2000 personel pada akhir September. Namun jumlahnya kini melonjak hampir dua kali lipat. 

Seperti dikutip Reuters, Rabu (4/11/2015), seorang pejabat Kementerian Pertahanan Amerika Serikat mengatakan pesawat Rusia kini beroperasi di empat pangkalan di Suriah. Terdapat pula sejumlah personel militer yang membawa peluncur roket dan artileri jarak jauh di luar keempat pangkalan tersebut. 

"Mereka memiliki banyak personel di luar kawat (pangkalan militer)," kata pejabat yang menolak disebutkan namanya. 

Diplomat top AS untuk Eropa, Victoria Nuland, mengatakan Rusia telah mulai menggerakkan aset darat seperti artileri ke area yang sebelumnya gagal dikuasai pasukan Presiden Bashar al-Assad.

"Rusia menggerakkan artileri dan aset darat lainnya di sekitar Hama dan Homs," ujar Nuland. 

Tidak membantah, Moskow menjelaskan personel militer di Suriah hadir bukan untuk misi pertempuran. Mereka hadir sebagai pelatih dan penasihat yang bekerja bersama militer Suriah.

Kementerian Luar Negeri Rusia menolak berkomentar mengenai jumlah personel militer di Suriah dan sudah ada berapa korban jiwa sejauh ini. 


(WIL)