Cara Memakai Inhaler yang Tepat Saat Asma Menyerang

Nia Deviyana    •    Kamis, 05 Nov 2015 10:08 WIB
kesehatan
Cara Memakai Inhaler yang Tepat Saat Asma Menyerang
Memakai inhaler yang tepat saat asma kambuh. (Foto:Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Obat yang tepat dapat menyelamatkan hidup penderita asma. Hingga saat ini, inhaler atau obat semprot dipercaya cepat dalam meredakan serangan asma yang datang mendadak. Namun, seringkali obat tersebut menjadi tidak efektif lantaran pengguna tidak paham mengenai tata cara pemakaian. 

"Saat terjadi serangan, kebanyakan penderita menyemprotkan inhaler sekali saja. Padahal, inhaler bisa diulang 3-4 kali selang beberapa menit," jelas Sr. Ratnawati, MCH, SpP(K), PhD, Spesialis Paru dan Pernapasan dari RS Siloam Asri. 

Selain cepat, inhaler juga diklaim sebagai obat asma dengan efek samping yang minim dan banyak digunakan. "Dosis satu semprot inhaler 40 kali lebih kecil dari dosis obat oral yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek meredakan serangan asma. Lagipula, inhaler menjadi pilihan karena tidak semua orang bisa mengabsorpsi obat oral," paparnya.

Inhaler termasuk golongan obat pelega. Di samping itu, penderita juga harus mengonsumsi obat pengontrol sebagai terapi asma.

"Obat pelega sifatnya dikonsumsi saat terjadi serangan saja, sementara obat pengontrol dikonsumsi setiap hari secara rutin untuk mengurangi terjadi kekambuhan dan keparahan derajat asma," imbuh Ratna.

Hal lainnya, ditambahkan Ratna, pasien asma dianjurkan untuk selalu memonitor kondisinya dengan catatan harian. Pasien dapat mencatat keadaan jalan napas pada pagi dan malam hari. 

Ratna menekankan kepada pasien asma supaya patuh pada pengobatan untuk kualitas hidup yang lebih baik. Sebab, seringkali ketidakefektifan pengobatan disebabkan oleh faktor pasien itu sendiri. 

"Misalnya, seringkali pasien meremehkan keparahan suatu penyakit, termakan mitos-mitos efek samping pengobatan dokter dan masih banyak lagi," tukasnya.


(LOV)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

1 hour Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA