Benteng Kuno Ditemukan Terkubur di Area Parkir Mobil

Willy Haryono    •    Kamis, 05 Nov 2015 10:54 WIB
situs purbakala
Benteng Kuno Ditemukan Terkubur di Area Parkir Mobil
Arkeolog menemukan benteng kuno Yunani di bawah area parkir di Kota Daud atau City of David, Israel. (Foto: AFP / GALI TIBBON)

Metrotvnews.com, Kota Daud: Sebuah benteng kuno Yunani ditemukan terkubur di bawah area parkir di Kota Daud atau City of David, yang terletak di selatan tembok Kota Tua dan Temple Mount, Israel. 

"Penemuan terbaru arkeologi ini mengindikasikan sebuah benteng kokoh yang dibangun di dasar jurang tinggi dan lereng curang bukit City of David," ucap pernyataan tim arkeolog, seperti dikutip Times of Israel, Rabu (4/11/2015).

Menurut data sejarah, benteng Acra itu dijaga Yahudi Hellenized dan tentara bayaran yang disewa penguasa bernama Antiochus untuk mengawasi pangkalan militer dan Temple Mount. Di situs penemuan benteng juga ditemukan sejumlah mata panah, batu yang digunakan untuk ketapel raksasa dan tembok batu berukuran masif. 

Benteng Acra dibangun Raja Yunani Antiochus IV, yang berusaha melarang kegiatan religius Yahudi. Larangan tersebut berujung pada peristiwa pemberontakan Maccabean, yang kini diperingati sebagai hari raya Hanukkah. 

Penemuan benteng ini semakin memperumit catatan sejarah di Temple Mount, terkait siapa yang seharusnya berkuasa di area tersebut. Terdapat pula konflik mengenai nama situs: Yahudi menyebutnya sebagai Temple Mount, sementara Muslim bersikukuh sebutannya adalah Haram al-Sharif. 

Kekuasaan di Temple Mount sempat diklaim pasukan Israel setelah terjadinya konflik Arab-Israel pada 1967. Namun, pemerintah Israel menyerahkan klaim itu kembali kepada Muslim. 

Dalam perjanjian disebutkan Muslim dapat beribadah di Masjid Al-Aqsa di kompleks Temple Mount, sementara Yahudi beribadah di Tembok Barat. 

Namun gelombang kekerasan antara Palestina dan Israel yang mulai terjadi sejak Oktober mengancam perjanjian tersebut. Gelombang kekerasan terbaru telah menewaskan 68 warga Palestina dan sembilan dari Israel. 

Otoritas Kebudayaan Israel mengumumkan benteng Acra akan dibuka untuk publik pada 6 Desember, yang bertepatan dengan hari raya Hanukkah.


(WIL)