113 Penerbangan Garuda di Bandara Ngurah Rai Dibatalkan

Arnoldus Dhae    •    Kamis, 05 Nov 2015 10:54 WIB
penerbangan
113 Penerbangan Garuda di Bandara Ngurah Rai Dibatalkan
Sejumlah penumpanmg tidur-tiduran di Bandara Ngurah Rai, Bali. Foto: Ant/Nyoman Budhiana.

Metrotvnews.com, Denpasar: Maskapai Garuda Indonesia membatalkan 113 penerbangan dari dan menuju Denpasar, Bali, melalui Bandara Ngurah Rai. Pembatalan penerbangan sebanyak itu merupakan akumulasi penutupan bandara selama tiga hari. Aktivitas bandara ditutup karena gangguan erupsi Gunung Barujari.

"Seperti biasa, kita sudah tutup hari ketiga saat ini. Hari pertama hanya 9 penerbangan, sementara hari kedua dan ketiga jumlah sama, yakni 52 penerbangan. Ini juga belum tahu apakah penutupan hanya sampai hari ini atau sampai kapan, tergantung kondisi erupsi Gunung Barujari," ujar General Manager Garuda Indonesia Airways Bali, Syamsudin Js, di Denpasar, Bali, Kamis (5/11). 

Syamsudin menjelaskan, penerbangan itu mencapai ruet domestik dan internasional. Jumlah penumpang yang batal terbang sedang didata. Pihaknya masih belum mengetahui berapa jumlah pasti. Ia berjanji menyampaikan ke media jika sudah ada.

Penumpang, kata Syamsudin, bisa melakukan penjadwalan ulang terbang di konter-konter Garuda di bandara, baik domestik maupun internasional. Garuda akan melayani penjadwalan ulang tetapi tidak menerima permintaan pengembalian tiket secara full.

Selain itu, Garuda juga tidak melayani pergantian uang penginapan dan hotel serta fasilitas lainnya. Alasannya, pembatalan penerbangan bukan kesalahan Garuda. "Ini bencana alam, di luar dugaan kita. Kita tidak perlu mempersalahkan satu sama lain. Jangan sampai Garuda disalahkan," ujar Syamsudin.

Selain tidak mengganti uang hotel dan makanan, Garuda juga tidak mengganti fasilitas transportasi bagi penumpang yang menempuh perjalanan alternatif. Melalui darat misalnya. 


(DOR)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA