ISIS Kembali Tegaskan Telah Jatuhkan Pesawat Rusia 7K9268

Willy Haryono    •    Kamis, 05 Nov 2015 11:16 WIB
pesawat rusia jatuh di mesir
ISIS Kembali Tegaskan Telah Jatuhkan Pesawat Rusia 7K9268
Tim pakar asal Rusia memeriksa puing pesawat maskapai Kogalymavia di Sinai, Mesir, 2 November 2015. (Foto: AFP / EMERGENCY MINISTRY OF RUSSIA)

Metrotvnews.com, Sinai: Kelompok militan Islamic State (ISIS) cabang Sinai, Mesir, menegaskan kembali klaim telah menjatuhkan pesawat maskapai Rusia berisi 224 orang, yang bertolak dari wilayah resor Sharm el-Sheikh menuju Saint Petersburg. 

Menurut grup pemantau gerakan ekstremis, SITE Intelligence Group, Rabu (4/11/2015), penegasan muncul dalam sebuah rekaman suara. Seorang pembicara di rekaman itu menyebut jatuhnya pesawat Rusia bertepatan dengan deklarasi kesetiaan terhadap ISIS. 

Associated Press belum dapat memverifikasi kebenaran rekaman tersebut. Namun, rekaman itu serupa dengan rekaman awal klaim ISIS setelah pesawat maskapai Kogalymavia dengan nomor penerbangan 7K9268 jatuh di Sinai pada Sabtu kemarin. 

Dalam rekaman, pembicara tidak menyebutkan secara detail bagaimana ISIS menjatuhkan 7K9268.

Pemerintah Mesir dan tim pakar Rusia mementahkan klaim ISIS. Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menegaskan klaim ISIS hanya sebuah propaganda untuk merusak citra negara. 

ISIS juga dinilai tidak memiliki persenjataan canggih untuk menjatuhkan pesawat di ketinggian puluhan ribu kaki. Namun sejumlah analis dan pakar menduga ada semacam ledakan di dalam pesawat atau kerusakan teknis. 

Foto dari satelit Amerika Serikat sempat mendeteksi adanya energi panas di sekitar 7K9268 sesaat sebelum jatuh di Sinai. 

Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond dan seorang sumber di AS yang menolak disebutkan namanya menyebut kemungkinan besar 7K2967 jatuh karena ledakan bom.


(WIL)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA