Kredit Modal Kerja Jadi Andalan BPR

   •    Kamis, 05 Nov 2015 12:09 WIB
perbankankredit
Kredit Modal Kerja Jadi Andalan BPR
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Bandung: Bank Perkreditan Rakyat (BPR) cukup optimistis dengan guliran kredit modal kerja sebagai bisnis utama untuk mengembangkan pasar. Pengembangan kredit modal kerja akan terus dilakukan mengingat peluang pasarnya masih terbuka begitu besar.

"Pembiayaan modal kerja untuk sektor riil merupakan fokus dari penyaluran kredit BPR. Pasarnya masih sangat luas," kata Direktur Utama My BPR Bandung Endah Lestari, seperti dikutip dari Antara, di Bandung, Kamis (5/11/2015).

Menurut dia segmen pasar BPR sudah jelas dan terbentuk sejak lama yakni sektor riil ,pelaku usaha mikro, dan jasa perdagangan. Meski demikian, ia mengaku, sebagian besar debitur BPR adalah pelaku perdagangan.

"Sekitar 90 persen untuk modal kerja sektor perdagangan. Sebagian besar mereka menemukan solusi di BPR karena persyaratannya tidak seperti di bank umumnya," kata Endah.

Ia menjelaskan, sertifikat tanah dan bangunan atau BPKB kendaraan menjadi bangunan yang mudah bagi para pelaku usaha yang membutuhkan dana cepat dan prosesnya mudah. Bahkan dengan kemudahan yang diberikan kepada konsumen, membuat BPR tetap bisa eksis meski terjadi pelemahan ekonomi.

"Saat itu kebutuhan dana cukup tinggi, dan BPR memberikan solusi. Buktinya kita sudah bisa membentuk nasabah sebagai komunitas usaha di sini, selain memberi pembiayaan kami juga memberikan beberapa solusi," pungkas Endah.


(ABD)