Antisipasi Banjir, Pemkot Jakbar Kerahkan Mobil Pompa Air

Ilham wibowo    •    Kamis, 05 Nov 2015 12:22 WIB
banjir jakarta
Antisipasi Banjir, Pemkot Jakbar Kerahkan Mobil Pompa Air
Petugas mengoperasikan mesin pompa pengendali banjir mobile di kawasan Pluit Indah. (Foto:Antara/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerinta Kota Jakarta Barat akan mengerahkan mobil pompa untuk mengantisipasi banjir. 18 unit mobil pompa air ini akan bergerak setelah mendapat informasi terjadi genangan air.
 
"Sembilan kendaraan operasional pompa air serta sembilan pompa trailer milik Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat, saat ini dalam kondisi baik dan siap dioperasikan," kata Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat Harun M. Ali saat ditemui di kantornya, Kamis (5/11/2015).
 
Menurut Harun, saat ini 18 unit mobil pompa air itu dalam kondisi prima. "Pokso banjir kita ada di Waduk Tomang Barat, jika perlu pengendalian banjir, petugas akan berkoordinasi dengan operator mobil pompa air lewat radio," ujarnya.
 
Keberadaan mobil pompa air ini tersebar di Jakarta Barat. Harun berharap, mobil pompa air ini dapat bekerja maksimal.
 
"Saat ini sembilan mobil dan sembilan trailer itu berada di Taman Ratu, Jalan Susilo, Rawa Buaya, Dharma Wanita, gedung stasioner fly over Tomang, dan di posko banjir waduk Tomang Barat," katanya.
 
Ia mengakui, keberadaan mobil dan trailer pompa air ini tidak menjamin seluruh genangan di wilayahnya hilang. Namum, dengan usaha maksimal ia optimistis dapat mengurangi jumlah genangan air.
 
"Menghilangkan banjir seluruh wilayah saat ini belum mungkin, tapi untuk mengurangi kita optimistis bisa. Bicara banjir ini bicara kondisi alam, kita hanya bisa mengendalikan agar dampaknya tidak terlalu merugikan. Mudah-mudahan saja semua berjalan maksimal," katanya.


(FZN)