Sampah Menumpuk di TPS Sementara Jaksel

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 05 Nov 2015 13:06 WIB
sampah jakarta
Sampah Menumpuk di TPS Sementara Jaksel
Sampah menggunung di TPS Sementara Pasar Minggu (Foto:MTVN/Achmad Zulfikar Fazli)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kisruh akses pengiriman sampah dari Jakarta menuju Bantar Gebang membuat sampah menumpuk di sejumlah tempat pembuangan sampah (TPS) sementara dan depo pembuangan sampah di Jakarta Selatan. Sampah yang biasa dikirim ke Bantar Gebang, Bekasi, sebanyak 10 truk kini hanya 5 truk per hari.
 
Pantauan Metrotvnews.com, Kamis (5/11/2015), penumpukan sampah terjadi di Depo Pembuangan Sampah Pasar Minggu, tepatnya di belakang Terminal Pasar Minggu. Sampah menggunung hingga tiga meter. Limbah pasar itu sudah dua hari tak diangkut.
 
Gunungan sampah juga terjadi di Depo Kecamatan Pancoran, tepatnya di Jalan Pangadegan Selatan, Kalibata. Hanya terlihat deretan truk sampah yang terparkir di sepanjang jalan.
 
Pengelola Depo Kecamatan Pancoran, Eman, 62, mengatakan, bisanya pihaknya mengirim 10 truk sampah ke TPST Bantar Gebang. Namun, setelah adanya penolakan warga Cileungsi, pihaknya hanya mengirimkan 5 truk sampah dalam sehari.
 
"Biasanya jam 9 pagi (sudah kirim), jam 3 sore truk sudah kembali lagi dan isi lagi. Kalau sekarang terpaksa buang jam 5 sore sampai 7 sore, berangkat (ke Bantar Gebang) jam 9 malam," kata Eman di Depo Pembuangan Sampah Kecamatan Pancoran, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2015).
 
Pengurangan pengiriman sampah karena tidak melewati Cileungsi, pihaknya harus mengirim melalui Bekasi Barat sesuai jam operasional yang telah ditetapkan. Yakni pukul 21.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB. Sebelum terjadi penolakan, pihaknya dapat setiap saat mengirim truk sampah melalui jalur Cileungsi. "Penumpukan lebih banyak dari biasanya. Karena harus mengikuti jam operasional," ujarnya.
 
Yadi, 52, sopir truk sampah berharap kasus pengadangan truk sampah tak terulang. "Maunya seperti biasa saja, semua sampah terangkut, semua bersih," kata Yadi.


(FZN)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA