Realisasi Pajak Melempem, Perlambatan Ekonomi Jadi Alasan

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 05 Nov 2015 13:19 WIB
pajak
Realisasi Pajak Melempem, Perlambatan Ekonomi Jadi Alasan
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan perlambatan ekonomi sangat berpengaruh signifikan terhadap penerimaan negara di bidang pajak. Hingga akhir tahun, penerimaan pajak diprediksi tak akan mencapai target.

"Kendala penerimaan pajak yang pertama tentu karena ekonomi melambat," kata Darmin, ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2015).

Pasalnya, jika ekonomi melambat, masyarakat cenderung untuk menyimpan uangnya di bank dan mengurangi belanja, sehingga konsumsi masyarakat menurun. Namun, jika konsumsi masyarakat menurun, maka perusahaan pun mengalami penurunan pendapatan, di mana akibatnya setoran pajak mereka ikut berkurang.

"Kalau Anda perhatikan pada waktu 2008 dulu kita melampaui target, kemudian 2009 terjadi krisis global, penerimaan pajak kita juga melambat," ujarnya.

Asal tahu saja, hingga akhir Oktober, penerimaan pajak non migas yang menjadi kewenangan Ditjen Pajak baru terkumpul 57 persen dari target Rp1.244,7 triliun. Di mana dipredikasi akan ada shortfall sebesar Rp150 triliun.


(AHL)

KPK Ancam Jerat Pihak Merintangi Sidang Korupsi KTP-el

KPK Ancam Jerat Pihak Merintangi Sidang Korupsi KTP-el

7 minutes Ago

Lembaga antikorupsi akan menjerat pihak-pihak tersebut dengan Pasal 21 UU Pemberantasan Korupsi…

BERITA LAINNYA