Para Ayah Wajib Baca, Tips Cerdas Menghadapi Kenaikan Harga

Rosa Anggreati    •    Kamis, 05 Nov 2015 16:31 WIB
keluarga
Para Ayah Wajib Baca, Tips Cerdas Menghadapi Kenaikan Harga

Naskah ini hasil kolaborasi MetroTV Hiburan dengan Frisian Flag.

MELEMAHNYA nilai tukar rupiah terhadap dolar berdampak pada kehidupan perekonomian Indonesia. Di kalangan pengusaha, kenaikan harga dolar disambut muram, baik itu pengusaha elektronik, bengkel, maupun kalangan importir.

Bukan cuma pengusaha saja yang terdampak, masyarakat umum pun ikut merasakan imbas berupa kenaikan harga barang kebutuhan. Sementara, pendapatan yang diperoleh setiap bulan tidak jua mengalami peningkatan. Kalau pun meningkat, masih belum sebanding dengan kenaikan harga yang meroket.

Kenaikan harga beragam barang mau tak mau memaksa para ayah untuk memutar otak mencari cara agar pendapatan per bulan tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tanpa mengurangi kecukupan gizi dan pendidikan.

Lalu, bagaimana cara ayah menghadapi kondisi kenaikan harga seperti sekarang ini? Sebenarnya, tidak susah, kok. Asalkan ada kemauan dan tentunya jeli melihat peluang, seperti tips di bawah ini:

1. Menyusun anggaran belanja bulanan
Catat rencana pembelanjaan, lengkap dengan rincian harga, bisa Anda lakukan bersama istri. Dengan menyusun anggaran belanja, Anda akan mengetahui seberapa besar uang yang harus dikeluarkan per bulan. Anda juga harus menyisir antara kebutuhan yang penting dibelanjakan, pembelanjaan bisa ditunda, atau benda yang berharga lebih ekonomis.

2. Bijak dalam pengeluaran
Anda harus tega memangkas pengeluaran yang sejatinya tidak masuk kategori "penting." Belajarlah memilah antara keinginan dan kebutuhan. Patut diingat bahwa barang yang menjadi keinginan Anda, belum tentu benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai Anda boros membelanjakan uang untuk barang yang sekadar diinginkan, bukan dibutuhkan.

3. Berhemat
Hemat tidak sama dengan pelit. Berhemat berarti Anda belajar berbelanja sesuai daftar prioritas, mendahulukan kebutuhan yang penting. Berhemat juga berarti Anda menurunkan level tanpa mengurangi fungsi. Misal, jika sehari-hari bepergian menggunakan mobil pribadi, kini Anda bisa menjajal menggunakan angkutan umum atau motor. Bepergian menggunakan mobil pribadi di Jakarta yang senantiasa macet sudah pasti membuat pengeluaran uang bensin membengkak. Sementara jika menggunakan angkutan umum atau motor, Anda bisa menyimpan sebagian besar uang bensin.

4. Mencari penghasilan tambahan
Untuk poin yang ini, butuh kemauan tingkat tinggi dan kejelian Anda dalam melihat peluang. Anda bisa memulai berdagang kecil-kecilan. Tak usah berpikir mengontrak toko atau kios, karena Anda mesti menyediakan uang membayar sewa yang bisa jadi malah menguras kantong. Pikirkanlah alternatif berdagang yang efisien, seperti berjualan di media sosial, menawarkan barang kepada teman di kantor, tetangga, atau bergabung dengan komunitas tertentu.

5. Cermat memilih produk jadi lebih hemat
Alternatif lain yang bisa Anda coba ialah dengan membeli produk yang memberikan manfaat lebih untuk keluaga. Contohnya dengan membeli barang yang menawarkan serangkaian hadiah menarik yang dapat langsung digunakan seperti Frisian Flag yang menyediakan aneka e-voucher, antara lain e-voucher belanja, pulsa listrik, dan pulsa HP; serta beragam hadiah menarik lainnya.

Jadi, Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Keuntungan pertama, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi istri dan anak. Keuntungan kedua, Anda dapat mengurangi pengeluaran keluarga menggunakan beragam hadiah langsung yang ditawarkan.

Cara mendapatkannya pun sangat mudah. Anda cukup melakukan tiga langkah sederhana berikut. Langkah pertama, daftarkan istri Anda menjadi anggota Ibu & Balita cukup dengan mengisi data di www.ibudanbalita.com.

Langkah kedua, belilah produk Frisian Flag MAMA, Frisian Flag JELAJAH, atau Frisian Flag KARYA ukuran dan rasa apapun, lalu temukan kode unik yang tertera di bagian dalam kemasan. Kirimkan kode unik itu melalui SMS ke Telkomsel 0811 860 8111 / XL 0817 6608 111 dengan format: POIN#nomor keanggotaan Ibu&Balita#16 digit kode poin#4 digit kode produksi.

Terakhir, Anda bisa langsung menukarkan poin dengan beragam e-voucher dan hadiah lainnya. sebagaimana yang sudah disebutkan di atas.

Bagaimana, menarik bukan? Lalu tunggu apalagi? Ayo segera menjadi member www.ibudanbalita.com dan raih kesempatan mendapatkan e-voucher dan bonus menarik lainnya di sini. (ADV)


(ROS)

Ade Komarudin Diperiksa untuk Novanto

Ade Komarudin Diperiksa untuk Novanto

18 minutes Ago

Tiga saksi tersebut ialah politikus Partai Golkar Ade Komaruddin, pengusaha Made Oka Masagung, …

BERITA LAINNYA