Strategi Lazada Hadapi Masalah Logistik: Lazada Express

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 05 Nov 2015 16:56 WIB
lazada
Strategi Lazada Hadapi Masalah Logistik: Lazada Express
Konferensi media yang diadakan di Penang Bistro, Oakwood.

Metrotvnews.com, Jakarta: Internet memang memegang peran penting dalam industri e-commerce. Meskipun begitu, ia bukanlah satu-satunya hal penting yang harus diperhatikan jika industri e-commerce ingin maju. Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia, menyebutkan, satu hal lain yang tidak kalah penting adalah logistik.

"E-commerce bukanlah sekadar bisnis internet. Logistik juga memegang peran penting," kata Ekbom dalam konferensi media yang diadakan di Oakwood, Kuningan, hari ini, Kamis (5/11/2015).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, logistik bukan sekadar truk dan kurir pengantar barang. Logistik juga melingkupi aspek lain, seperti pusat pendistribusian barang dan juga gudang.

Menyadari pentingnya logistik, maka Lazada mulai membangun Lazada Express (LEX). Pada bulan Juli lalu, Lazada bahkan memutuskan untuk memperbesar armada LEX.

"Strategi kami untuk mengatasi masalah logistik sangat sederhana. Kami akan membangun infrastruktur logistik kami sendiri," kata Ekbom.

Dia menyebutkan, Lazada akan terus membangun armada LEX mereka. Selain itu, mereka juga akan membangun infrastruktur lainnya seperti tempat penyortiran barang dan pusat distribusi barang.

"Saat ini, kami sedang membangun sebuah pusat distribusi baru. Fasilitas ini akan menjadi pusat distribusi e-commerce terbesar di Asia Tenggara," katanya. 

Meskipun begitu, Ekbom juga meyakinkan bahwa meski Lazada membangun infrastruktur logistik mereka sendiri, tetapi mereka tetap membutuhkan perusahaan logistik sebagai rekan.

"Kami bekerja sama dengan lebih dari 75 perusahaan logistik dan kami tidak dapat menjadi sesukses sekarang tanpa bantuan mereka," katanya.

Lazada membangun LEX bukan karena mereka ingin menggantikan tugas perusahaan logistik, tetapi sebagai pelengkap. "Karena Indonesia memerlukan infrastruktur logistik yang lebih banyak lagi," katanya.


(ABE)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

2 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA