Konferensi Pers Partai Demokrat Pakai Dana Kementerian ESDM

Meilikhah    •    Kamis, 05 Nov 2015 17:11 WIB
jero wacik
Konferensi Pers Partai Demokrat Pakai Dana Kementerian ESDM
Jero Wacik----MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Demokrat rupanya kecipratan duit dana operasional menteri (DOM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Konferensi pers itu digelar di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Petugas bagian penagihan kredit dan invoice di Hotel Dharmawangsa, Suharto, menerangkan, berdasarkan arsip-arsip pembayaran yang diterima Hotel Dharmawangsa ada event-event tertentu yang biayanya ditanggung Kementerian ESDM. Jumlahnya berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah.

"Ada, tanggal 24 April 2013 itu Rp524 juta untuk ulang tahun Pak Menteri. Ada bayar konferensi pers Partai Demokrat juga Rp30 juta. Tapi sebagiannya belum dibayar sampai sekarang," kata Suharto yang menjadi saksi dalam sidang lanjutan Jero Wacik, di Pengadilan Tipikor, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2015).

Tak puas dengan keterangan Suharto, Ketua Majelis Hakim Sumpeno merinci isi BAP. Ada kegiatan lain yang dibiayai oleh Kementerian ESDM yang kemudian diamini Suharto, sebagai kegiatan yang didanai Kementerian ESDM.

Berikut rinciannya:

1. Kegiatan Litbang Kementerian ESDM sebesar Rp174 juta.

2. Kegiatan makan malam saat pengangkatan Jero Wacik sebagai Menteri ESDM pada 19 Oktober 2011 yang dibayarkan dalam bentuk dolar yang dikonversikan ke rupiah sebesar Rp152,9 juta. Dibayarkan melalui transfer.

3. Kegiatan makan sore pada 20 Oktober 2011 sebesar Rp103 juta.

4. Kegiatan tak disebutkan pada 12 Oktober 2012 sebesar Rp379 juta yang dibayarkan dua kali pembayaran, Rp30 juta untuk dana awal, dan Rp349 juta untuk pelunasan melalui transfer antarbank.

5. Kegiatan bedah buku Adikriya Sulam Indonesia yang dilakukan Triesna Jero Wacik pada 9 Juli 2013 sebesar Rp564 juta.

6. Open house di kediaman Jero Wacik dalam rangka Idul Fitri sebesar Rp163 juta.

7. Konferensi pers Partai Demokrat Rp30 juta, baru dibayarkan sebagian.

8. Private training untuk Jero Wacik Rp16 juta.

"(Daftar pembayaran) Itu berdasarkan arsip-arsip pembayaran di Dharmawangsa untuk Kementerian ESDM," jelas Suharto.


(TII)