Setahun Masa Kerja Sudirman Said, Kebijakan Energi Masih Tersandera

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 05 Nov 2015 17:15 WIB
1 tahun jokowi-jk
Setahun Masa Kerja Sudirman Said, Kebijakan Energi Masih Tersandera
Menteri ESDM Sudirman Said. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan dalam setahun masa kerjanya banyak kebijakan energi masih tersandera.

"Saya beri kesaksian setelah setahun bekerja sebagai pendatang baru bukan nonteknis. Policy energi kita disandera," ungkap Sudirman, di Gedung Auditorium LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Sudirman menjelaskan, kebijakan energi saat ini tidak bisa melihat ke masa depan dan jangka panjang. Tetapi hanya berkutat dalam jangka pendek. Sehingga, beberapa program jangka panjang sampai saat ini belum ada kemajuan signifikan.

Banyak kebijakan, lanjut Sudirman, yang ditransaksikan untuk kepentingan-kepentingan jangka pendek, seperti produksi minyak, yang sampai sekarang belum memenuhi kebutuhan energi nasional.

"Satu, kita tidak mampu lihat ke depan lihat jangka pendek. Akibatnya policy ditransaksikan dengan kepentingan jangka pendek. Dari produksi minyak dua kali dari kebutuhan sampai sekarang baru setengah penuhi kebutuhan," beber dia.

Sudirman menambahkan, Indonesia tidak punya infrastruktur migas yang memadai. Di mana hal ini menjadi cara berpikir jangka pendek yang salah karena hanya mengandalkan impor. Padahal Indonesia butuh kilang baru.

"Kita tidak punya infrastruktur, storage hanya 22 hari. Itu campuran dari cara berpikir pendek, dan ada yang bilang tidak butuh bangun kilang. Itu omongan importir jahat," pungkas dia.


(AHL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA