Kemenaker Dorong Penganggur Jadi Pengusaha

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Kamis, 05 Nov 2015 19:00 WIB
pengangguran
Kemenaker Dorong Penganggur Jadi Pengusaha
Ilustrasi. Foto: Antara/Irsan Mulyadi

Metrotvnews.com, Gresik: Sebanyak 7,4 juta penduduk Indonesia tercatat masih menganggur. Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan sebagian besar penduduk yang menganggur berpendidikan SD dan SMP yang keahliannya terbatas.

“Saya sudah berkoordinasi dengan perusahaan agar saat menerima tenaga kerja jangan dilihat dari ijazahnya. Tapi, lihat kompetensi dan karakter kerjanya. Yang dibutuhkan kerjanya, bukan ijazahnya,” kata Hanif usai melantik dan berdialog dengan Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Garda Bangsa Kabupaten Gresik, kemarin.

Hanif menyatakan faktor lain banyaknya pengangguran di Indonesia adalah masih kecilnya jumlah pengusaha di Indonesia. Pengusaha di Indonesia berjumlah 1,6 persen dari total penduduk Indonesia. “Di Malaysia jumlah pengusahanya 4 persen dari total penduduk. Thailand malah 7 persen," ujar dia.

Hanif juga mendorong pengangguran untuk berani membuka usaha sendiri. Menaker siap memberikan pinjaman lunak khusus buruh. “Ada pinjaman lunak khusus buruh. Dengan begitu buruh bisa membuat usaha kecil-kecilan agar bisa berkembang dan bisa menjadi usaha besar. Harapannya begitu,” kata politisi PKB itu.



(UWA)