Tiba di Kotanya Jokowi, Kapsul Waktu Dikirab Kereta Kencana

Pythag Kurniati    •    Kamis, 05 Nov 2015 20:10 WIB
kapsul waktu
Tiba di Kotanya Jokowi, Kapsul Waktu Dikirab Kereta Kencana
Kapsul Waktu dikirab dengan kereta kencana di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (5/11/2015). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Tiba di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis, 5 November 2015 sore, Tim Ekspedisi Kapsul Waktu disambut tarian gambyong yang disajikan oleh tujuh orang penari asal Solo. Kapsul waktu juga langsung dikirab menyusuri Jalan Slamet Riyadi menggunakan kereta kencana.

Iring-iringan paskibra, reog dan berbagai kesenian lainnya turut menyertai kirab Kapsul Waktu. Ribuan warga pun telihat antusias menyaksikan kirab di jalanan utama Kota Solo itu.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang juga berperan sebagai Dewan Pengarah Steering Comitee Tim Ekspedisi Kapsul Waktu, serta anggota DPR RI Arya Bima.

Koordinator Panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka, Nick Nurrahman mengatakan Solo merupakan  lokasi ke-20 yang disinggahi Tim Ekspedisi Kapsul Waktu.

“Dari total jarak perjalanan yang akan ditempuh yakni 30.500 kilometer, di Solo ini kita telah melampaui 6.000 kilometer. Perjalanan ini kami mulai dari Aceh sejak 22 September dan berakhir pada 21 Desember 2015 di Merauke,” ungkapnya.

Nick mengungkapkan sedikit mengenai perjalanan tim mengumpulkan mimpi-mimpi rakyat Indonesia. “Kami telah menginjakkan kaki di Riau, Batam, Jambi, Bangka, Lampung, Pontianak, bahkan ke Pulau Sebatik yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Malaysia," katanya.

Menurutnya, hampir seluruhnya memiliki mimpi terhadap pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta kesejahteraan yang meningkat.

Dalam kesempatan tersebut, Imam Narhrawi juga mengungkapkan impiannya di hadapan ribuan warga Solo. “Kalau mimpi saya suatu saat Indonesia akan menjadi juara dunia sepak bola, Indonesia akan menjadi tuan rumah piala dunia, seluruh warga dunia akan datang ke Indonesia. Nama Indonesia harum di mata dunia,” ujar Imam yang pada saat acara mengenakan busana Jawa.

Ekspedisi Kapsul Waktu diadakan oleh Panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka. Tim akan singgah di 43 Kota di 34 Provinsi di Indonesia, dimulai dari Aceh pada 22 September 2015 dan berakhir di Merauke pada 21 Desember 2015.

Tim membawa Kapsul Waktu yang terbuat dari bahan stainless steel dan akan berhenti di beberapa tempat untuk mengumpulkan impian-impian rakyat Indonesia. Selanjutnya kapsul waktu akan dibuka pada tahun 2085 oleh generasi muda Indonesia pada masa tersebut. (san)


(SAN)