Smartphone Tizen Lebih Populer dari BlackBerry

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Nov 2015 11:15 WIB
tizen
Smartphone Tizen Lebih Populer dari BlackBerry
Tizen OS digunakan pada smartphone kelas pemula milik Samsung.

Metrotvnews.com: Industri ponsel dikuasai dua raksasa: Apple dengan iOS dan Google dengan Android. Hal ini berarti, nyaris tak ada lagi ruang untuk perusahaan lain.

Bahkan, Microsoft, yang berada di posisi ketiga, harus puas hanya dengan pangsa pasar yang tak lebih dari 3 persen. Selama ini, posisi keempat diduduki BlackBerry.

Tetapi, data terbaru dari Strategy Analytics menyebutkan, BlackBerry telah tergeser dari posisi keempat oleh ponsel berbasis Tizen milik Samsung. Seperti dilansir The Verge, Tizen OS adalah sistem operasi buatan Samsung.

Saat ini, sistem operasi ini digunakan di berbagai produk milik Samsung, seperti pada smart TV, smartwatch terbaru, Gear S2 dan juga beberapa smartphone kelas pemula. Dan tampaknya, penjualan ponsel berbasis Tizen lebih baik daripada angka penjualan perangkat berbasis BlackBerry OS.

Dalam laporannya, Strategy Analytics menyebutkan, pangsa pasar Microsoft dan BlackBerry telah menurun karena meningkatnya permintaan akan iPhone - yang justru membuat pangsa pasar Apple naik. 

Dengan terus menurunnya pangsa pasar BlackBerry, tidak heran jika mereka akhirnya memutuskan untuk mulai membuat ponsel berbasis Android, Priv. Keberlangsungan BlackBerry di pasar ponsel sangat tergantung pada kesuksesan Priv. 
(ABE)