Hingga Akhir Tahun, Kinerja Ekonomi Diprediksi Tak Tembus 5%

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 06 Nov 2015 10:37 WIB
pertumbuhan ekonomi
Hingga Akhir Tahun, Kinerja Ekonomi Diprediksi Tak Tembus 5%
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan secara keseluruhan hingga akhir tahun pencapaian angka pertumbuhan ekonomi tidak akan sampai menembus level lima persen.

Meski dirinya yakin, pada kuartal IV, pertumbuhan ekonomi bisa lebih tinggi dibanding realisasi di kuartal III yang baru saja diumumkan 4,73 persen. Nantinya, di kuartal terakhir, Darmin percaya bahwasanya penyerapan anggaran akan meningkat besar sehingga dampaknya ke pertumbuhan akan lebih besar.

Kedua, dari dampak investasi juga mestinya dipercaya akan lebih baik karena pengaruh dari berbagai kebijakan dan deregulasi selama dua bulan lebih sudah mulai bisa dirasakan.

"Tapi ingat ekonomi dunia memang belum membaik, tetapi tidak memburuk banyak. Sehingga perkiraan pertumbuhan ekonomi di kuartal IV itu akan lebih baik dari kuartal III, walaupun mungkin susah menembus lima persen. Sehingga full year (sepanjang tahun berada di 4,8 sekian persen," jelas Darmin di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 5 November.

Sedangkan, dirinya yakin untuk tahun depan pertumbuhan ekonomi akan lebih baik lagi. Berbeda dengan tahun ini, tahun depan tidak ada permasalahan administratif seperti perubahan nomenklatur. Serta dengan kebijakan prefunding (pendanaan awal) mestinya penyerapan anggaran pun bisa diakselerasi lebih baik.

"Sehingga mestinya Y-o-Y- lebih bagus agak lebih tinggi. Tapi kalau Q-to-Q tidak banyak bedanya kenaikannya, antara kuartal IV tahun ini dengan kuartal I tahun depan. Tetapi kalau dibandingkan kuarta I tahun depan dengan kuartal I tahun ini, mestinya membaiknya agak banyak," jelas Darmin.


(AHL)