Truk Sampah Diadang, Ahok: Gubernur Lebih Berhak Melarang

Intan fauzi    •    Jumat, 06 Nov 2015 11:12 WIB
sampah jakarta
Truk Sampah Diadang, Ahok: Gubernur Lebih Berhak Melarang
Warga Cileungsi menolak truk sampah DKI Jakarta yang melintas di simpangan Cileungsi. (Foto:MI/Bary Fathahilah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama menyayangkan pengadangan truk sampah oleh segelintir orang di Cileungsi, Bogor. Menurut Ahok, gubernur lebih berwenang membatasi masuknya kendaraan ke sebuah kota.
 
“Saya gubernur, bisa saja keluarkan aturan yang melarang pelat kendaraan asal Bekasi masuk Jakarta. Saya berhak loh. Tapi pengadangan itu konyol sekali, kekanak-kanakan,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (6/11/2015).
 
Ahok menilai dirinya tidak seegois itu. Sebab transportasi massal dari kota penyangga ke Jakarta belum terfasilitasi dengan baik. "Tapi bisa enggak Anda lakukan (pembatasan kendaraan) ketika transportasi massal belum siap? Enggak bisa, karena kita hidup ini bareng," kata Ahok.
 
Menurut Ahok mengadangan truk sampah asal Jakarta melanggar konstitusi, karena semua warga negara berhak menggunakan jalan yang dibangun negara. Jalan itu dibangun memakai uang rakyat, uang negara. Tidak pada tempatnya ada sekelompok orang membatasi orang lain.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu akan menggandeng Polda Metro Jaya untuk mengamankan pengiriman truk sampah hingga ke Bantar Gebang, Bekasi. "Saya akan diskusikan dengan Kapolda Metro Jaya masalah tempat buang (sampah)," ujar Ahok.


(FZN)