Sektor Ekspor Bikin Pertumbuhan Ekonomi Tak Sesuai Perkiraan

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 06 Nov 2015 14:42 WIB
pertumbuhan ekonomi
Sektor Ekspor Bikin Pertumbuhan Ekonomi Tak Sesuai Perkiraan
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertumbuhan ekonomi yang dicapai Indonesia pada kuartal III-2015 sebesar 4,73 persen jauh dari prediksi sebelumnya, yaitu sebesar 4,85 persen.

"Kita melihat bahwa memang sumber-sumber pertumbuhan ekonomi itu kelihatan ada pengeluaran pemerintah, konsumsi domestik. Tapi yang memang kita lihat pertumbuhan itu tidak seperti yang kita perkirakan," ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (6/11/2015).

Agus menyebutkan, sektor ekspor Indonesia masih menunjukkan performa yang belum baik akibat harga komoditas yang jatuh. Bahkan harga komoditas jatuh jauh dari yang diperkirakan.

"Itu yang tadinya diperkirakan akan terjadi koreksi harga sampai 11 persen di 2015. Itu data informasi terakhir kita mencapai 16 persen. Jadi harga komoditi masih tertekan, termasuk komoditi unggulan Indonesia," jelasnya.

Namun demikian, dirinya menambahkan jika pencapaian di kuartal III-2015 sudah lebih baik. Apalagi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, pertumbuhan ekonomi hanya berada di posisi 4,67 persen.

"Tapi yang kita lihat kalau dibandingkan kuartal II, 4,67 persen jadi menunjukkan sudah ada posisi di dasar dan bisa meningkat menjadi 4,73 persen itu sudah lebih baik," tutur dia.


(AHL)