BI Masih Waspadai Kondisi Ekonomi Dunia

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 06 Nov 2015 14:58 WIB
ekonomi dunia
BI Masih Waspadai Kondisi Ekonomi Dunia
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebutkan kondisi ekonomi dunia yang dinilai masih akan mengalami gejolak perlu diwaspadai oleh Indonesia. Kondisi tersebut bisa mengancam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional berjalan lebih cepat.

"Saya mengikuti dan melihat bahwa dampak dari ekonomi dunia masih perlu kita waspadai," kata Gubernur BI Agus Martowardojo, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (6/11/2015).

Dia menambahkan, ekonomi dunia dipengaruhi oleh perkembangan kondisi ekonomi di Tiongkok dan perkembangan Amerika Serikat (AS) yang diprediksi akan menaikkan tingkat suku bunga acuan atau Fed Fund Rate (FFR).

"Kita malah lihat ada satu rating agency bilang ke depan sumber yang perlu diwaspadai adalah perkembangan ekonomi Tiongkok dan AS, di mana ada kecenderungan FFR akan naik tahun ini," jelas dia.

Selain perlu mewaspadai kondisi di kedua negara tersebut, Agus menegaskan jika masih ada risiko dari pergerakan arus modal, yang keluar dari negara berkembang menuju negara maju.

"Jadi kita perlu waspada, yang paling perlu kita perhatikan risiko capital reversal, risiko ada pergerakan dana dari negara berkembang ke negara maju," tegasnya.


(AHL)