Antisipasi Banjir

Pemkot Jakarta Selatan Keringkan Dua Waduk

Ilham wibowo    •    Jumat, 06 Nov 2015 15:27 WIB
banjir jakartawaduk
Pemkot Jakarta Selatan Keringkan Dua Waduk
Petugas dengan alat berat menormalisasi Waduk Rawa Lindung, Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. (Foto: Antara/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengeringkan Waduk Rawa Lindung dan Waduk Pesanggarahan. Kedua waduk itu dinormalisasi dengan melakukan pendalaman agar mampu menampung air lebih banyak saat musim hujan.
 
Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Selatan Dedi Budi Widodo mengatakan, waduk itu  berfungsi menampung luapan air. Saat ini, pihaknya sedang melakukan pengerukan.
 
"Saat ini prioritas di dua waduk itu, untuk menanggulangi banjir. Waduk kami keringkan agar pengerukan lebih mudah dan dapat menampung air lebih banyak," kata Dedi saat ditemui Metrotvnews.com di kantornya, Jumat (6/11/2015)
 
Dedi menjelaskan, waduk Rawa Lindung memiliki luas 3 hektare dengan kapasitas saat ini 30 ribu meter kubik air. Setelah dilakukan pendalaman muatan air akan lebih besar.
 
"Kami dalamkan 5 meter. Waduk Rawa Lindung setelah selesai bisa menampung 140 ribu kubik, sedangkan Waduk Pesanggrahan bisa mencapai 80 meter kubik. Ini cukup efektif mengurangi luapan air," ujarnya.
 


(FZN)