Kosmetik Palsu Marak Beredar di Pasar Asemka

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 06 Nov 2015 15:35 WIB
bpom
Kosmetik Palsu Marak Beredar di Pasar Asemka
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparingga. (Foto: MI/Atet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan POM RI menemukan ratusan kosmetik palsu yang diproduksi dan diedarkan di tujuh daerah di Indonesia. Dalam temuan ini, kosmetik tersebut marak beredar di Pasar Asemka, Jakarta Pusat.
 
"Saya ingin angkat ini, peredaran komestik palsu paling banyak diperoleh dari (Pasar) Asemka, Jakarta," kata Ketua Badan POM Roy Sparingga dalam konferensi pers di Badan POM, Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Jumat (6/11/2015).
 
Atas temuan tersebut, Badan POM RI memerintahkan Badan POM DKI Jakarta melakukan penyisiran dan penggeledahan di Pasar Asemka. Alhasil, ditemukan berbagai jenis kosmetik palsu di tempat tersebut.
 
"Kami juga mendapatkan laporan ini dari wartawan dan masyarakat. Lantas, pertanyaan kita dari mana produk yang dijual dan diedarkan di Asemka ini," kata dia.
 
Roy mengungkapkan, pihaknya pernah menemukan tempat produksi kosmetik palsu yang mengandung bahan berbahaya di Tangerang, Banten. Dalam produksinya, produsen dengan lihai membuat kemasan seperti produk asli.
 
Padahal, kata dia, kosmetik yang asli produksinya dari Tiongkok, Malaysia, Thailand, Filipina, dan India. "Tapi dari hasil temuan di Tanggerang, dikemasan tertulis dari India. Padahal di produksi di Tanggerang," pungkas dia.


(FZN)