Lagi, Google Digosipkan akan Buat Prosesor Sendiri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 06 Nov 2015 16:24 WIB
google
Lagi, Google Digosipkan akan Buat Prosesor Sendiri
Google dikabarkan akan membuat desain prosesor sendiri. (AP Photo/Jeff Chiu)

Metrotvnews.com: Google dikabarkan berencana untuk membuat desain prosesor untuk Android. Kabar ini didapatkan dari laporan The Information. Google akan meniru sistem yang diterapkan Apple dalam pembuatan prosesor Ax milik mereka, yang berarti, Google akan mendesain prosesor dan membiarkan perusahaan lain yang melakukan produksi.

Selama ini, perusahaan pembuat prosesor - seperti Qualcomm - menggunakan teknologi mereka sendiri untuk membuat prosesor. Jika Google hendak membuat desain prosesor mereka sendiri, mereka harus dapat meyakinkan perusahaan pembuat prosesor untuk tak menggunakan teknologi mereka sendiri. 

Seperti dilansir The Verge, salah satu keuntungan Google dengan membuat desain prosesor sendiri adalah mereka akan dapat menambahkan fitur-fitur canggih ke versi Android yang akan datang. Misalnya, dukungan terhadap teknologi augmented atau virtual reality. Untuk dapat diintegrasikan ke dalam sebuah gadget, kedua teknologi tersebut akan memerlukan software dan hardware yang saling terintegrasi dengan baik.

Meskipun begitu, Google mungkin akan kesulitan untuk menemukan rekan yang tepat. Memang, Google dapat bekerjasama dengan perusahaan pembuat Android berharga murah untuk membuat prosesor yang mereka desain. Tetapi, perusaahaan itu mungkin tidak dapat memberikan prosesor dengan kualitas terbaik yang diperlukan untuk pembuatan smartphone kelas atas.

Jika Google tak dapat menemukan produsen prosesor yang bersedia menjadi rekan mereka, satu hal yang bisa mereka lakukan adalah meminta perusahaan yang akan membuat Nexus untuk membuat smartphone dengan desain yang sepenuhnya diberikan Google, mulai dari bodi perangkat hingga prosesor yang digunakan.


(ABE)