Pembentukan Provinsi Madura Terganjal Pemekaran Kabupaten

Amaluddin    •    Jumat, 06 Nov 2015 23:09 WIB
madura mau jadi provinsi
Pembentukan Provinsi Madura Terganjal Pemekaran Kabupaten
Peta Madura

Metrotvnews.com, Surabaya: Untuk menjadi sebuah provinsi, Pulau Madura minimal harus memiliki lima kabupaten. Saat ini Madura baru memiliki empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sumenep, Sampang dan Pamekasan.

Anggota DPRD Jawa Timur dari daerah pemilihan Madura, Abdul Halim mengatakan Sumenep sebenarnya punya potensi untuk memekarkan daerah. "Tapi, apakah Kabupaten Sumenep mau melepas daerah yang terdiri dari kepulauan itu," kata Abdul di Surabaya, Jumat (6/11/2015).

Kabupaten Sumenep, kata Halim, memiliki banyak daerah kepulauan. Di antaranya, Pulau Sapeken, Pulau Masalembu, Pulau Raas, dan Pulau Kangean. Jika dimekarkan, maka pendapat asli daerah Sumenep dipastikan hilang. "Karena, PAD sekitar Rp150 miilar didapat dari eksploitasi migas di pulau-pulau itu," kata dia.

Kendala lain, jika memang benar ingin dimekarkan, pulau-pulau itu juga tak memiliki infrastruktur yang memadai. Bahkan, kata dia, mayoritas pulau itu tak teraliri listrik.

Anggota DPRD Jatim Achmad Iskandar berharap pembentukan Provinsi Madura bisa dilakukan. Asalkan, Madura mampu memenuhi mekanisme yang ada sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. "Berdirinya sebuah provinsi baru harus dilakukan dengan cermat dan tidak asal-asalan," kata dia.

Madura juga harus bisa mengerek indeks pembangunan manusia (IPM) yang rata-rata masih rendah. "Jika dipaksa berdiri malah akan sulit untuk menyejahterakan masyarakatnya. Ini perlu dicermati," ujarnya.


(UWA)