Menlu RI Bahas Imigran Gelap dengan Menlu Jerman

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 07 Nov 2015 09:34 WIB
indonesia-jerman
Menlu RI Bahas Imigran Gelap dengan Menlu Jerman
Menlu RI Retno Marsudi (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Luksemburg: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi undang Jerman untuk menghadiri Bali Democracy Forum Desember mendatang. Termasuk juga membahas masalah imigran.

Undangan tersebut disampaikan di sela-sela pertemuan tingkat menteri Asia-Europe Meeting (ASEM). Menlu Retno yang melakukan pertemuan dengan Menlu Jerman, juga membahas isu-isu global yang terjadi saat ini.

"Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Menlu Jerman atas bergabungnya Jerman sebagai observer dalam Indian Ocean Rim Association (IORA)," sebut Menlu Retno, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri, yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (7/11/2015).
 
"Kedua Menlu juga membahas permohonan dukungan Jerman bagi upaya Indonesia untuk mendapatkan fasilitas bebas visa bagi pemegang paspor dan diplomatik Indonesia di Jerman. Indonesia harapkan terdapat progress positif dalam pembahasan isu tersebut," lanjutnya.

Selain itu, kedua Menlu juga telah membahas mengenai sejumlah tantangan global yang menjadi perhatian bersama, termasuk isu manajemen migrasi. Fluktuasi migran saat ini sedang menjadi isu utama yang sedang dihadapi oleh negara-negara Eropa.

Kesempatan pertemuan itu turut digunakan untuk menyampaikan undangan kepada Jerman untuk berpartisipasi dalam pertemuan Bali Democracy Forum yang akan diselenggarakan di Bali, 10-11 Desember 2015.

Menlu Jerman merupakan salah satu Menlu utama yang mengunjungi Indonesia pada pemerintahan Jokowi. Menlu Jerman mengahrapkan kunjungan Menlu Indonesia ke Jerman pada awal 2016.
 


(FJR)