Elnusa Samudra 8, Kapal Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Satria Sakti Utama    •    Sabtu, 07 Nov 2015 14:29 WIB
Elnusa Samudra 8, Kapal Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Metrotvnews.com, Jakarta: Satu lagi karya anak bangsa mendapatkan pengakuan kelas dunia karena kualitas pengerjaan dan teknologinya yang ramah lingkungan. Karya itu bernama ELNUSA SAMUDRA 8, sebuah kapal angkut peralatan berat sekaligus akomodasi bagi para teknisi pengeboran minyak lepas pantai.

Accommodation Work Barge (AWB) hasil rancang bangun PT ELNUSA Tbk. ini mendapat penghargaan emas dalam Pertamina Quality Awards 2015. Sebelumnya Elnusa Samudra 8 meraih penghargaan sebagai satu dari 20 Karya Unggulan Anak Bangsa 2015 dalam perhelatan Hari Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-20 yang diserahkan Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie.

“Pembangunan barge yang ramah lingkungan ini merupakan komitmen dan direalisaikan ELNUSA terhadap green action seiring dengan kampanye lingkungan hidup sedunia. Desainnya menyesuaikan kebutuhan operasional migas yang modern dan sistem pengoperasian ramah lingkungan," kata Direktur Operasi Elnusa Bambang H. Kardono. 

Dua penghargaan itu layak diterima karena ELNUSA SAMUDRA 8 dibangun berdasar standar European Union, Environmental Protection Agency (EPA) – Euro III/ Stage IIIA & Tier 3. Sementara sistem penerangannya menggunakan tenaga surya sehingga sangat hemat energi. Mesinnya pun menggunakan biodiesel sebagai sumber energi. 

"Maka selain ramah lingkungan juga mereduksi emisi karbon. Terbukti ELNUSA mampu membuat fasilitas penunjang industri migas yang inovatif dan memperhatikan lingkungan hidup," sambung Bambang.

Saat ini AWB ke delapan milik ELNUSA tersebut sedang  melayani pekerjaan hydraulic workover, cementing, slickline services dan lain sebagainya di Delta Mahakam, Kalimantan Timur. Elnusa berharap, ELSA 8  ini dapat digunakan terus-menerus dan sebaik-baiknya untuk menunjang aktivitas migas di Indonesia, dan khususnya di lingkungan Pertamina Group. 

(LHE)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

3 hours Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA