Titik Panas di Babel Menurun

Antara    •    Sabtu, 07 Nov 2015 15:21 WIB
kabut asap
Titik Panas di Babel Menurun
Petugas memadamkan lahan gambut (ilustrasi). (Ant/Roni Muharrman)

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Jumlah titik panas yang menjadi indikasi kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Bangka Belitung menurun. Sedangkan, intensitas hujan diprakirakan akan meningkat.

Berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pangkalpinang, Sabtu 7 November, tinggal dua titik panas di Provinsi Babel. Jumlah itu jauh menurun dibandingkan pada Jumat, 6 November, yang terdeteksi ada empat titik panas. 

Staf Koordinator Unit Analisis BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih mengatakan, dua titik panas tersebut tersebar di Kabupaten Bangka Selatan, yakni di Kecamatan Payung.

"Menurunnya jumlah titik panas ini disebabkan berkurangnya aktivitas yang dapat menimbulkan titik api sebagai indikasi awal kebakaran," katanya.

Dalam pada itu, dia memprakirakan intensitas curah hujan di Provinsi Bangka Belitung pada Minggu 8 November akan meningkat dibandingkan hari ini.

"Curah hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur beberapa daerah di Babel, padahal sebelumnya curah hujan di daratan ini didominasi hujan dengan intensitas ringan," kata Evi.

Ia mengatakan, berdasarkan data cuaca, hujan dengan intensitas sedang tersebut diprediksi terjadi di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Belitung, dan Belitung Timur.

"Sedangkan tiga daerah lainnya, yakni Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah, dan Kota Pangkalpinang intensitas hujan masih dalam kategori ringan," katanya lagi.

Ia menyampaikan, kondisi angin di daratan ini secara keseluruhan masih dalam kategori normal belum ada peningkatan yang signifikan.

"Kecepatan angin diprakirakan berkisar antara enam hingga 20 kilometer per jam, dengan suhu udara mencapai 32 derajat Celcius," ujarnya.


(SAN)

Novanto Sudah Bisa Dikunjungi

Novanto Sudah Bisa Dikunjungi

11 minutes Ago

Lembaga antirasywah telah mengizinkan tersangka kasus korupsi pengadaan KTP elektronik itu mene…

BERITA LAINNYA