Dubes Jepang Apresiasi Penggiat Chado di Indonesia

Willy Haryono    •    Sabtu, 07 Nov 2015 15:47 WIB
indonesia-jepang
Dubes Jepang Apresiasi Penggiat <i>Chado</i> di Indonesia
Dubes Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki (tengah) bersama penggiat upacara minum teh atau Chado di Indonesia, Jakarta, Jumat (6/11/2015). (Foto: MTVN/Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki mengapresiasi lima tokoh dari Asosiasi Urasenke Tankokai Indonesia yang berjasa mempopulerkan budaya Chado (upacara minum teh) di Tanah Air.

Dubes Tanizaki memberikan dua penghargaan, yaitu Penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang kepada Martina Kuniko Pohan dan Kikuo Krisanti Soendoro.

Keduanya adalah Master (Shihan) Chado Urasenke, Instruktur Urasenke Tankokai Indonesia Association 

Penghargaan lainnya diberikan kepada para asisten instruktur Urasenke Tankokai Indonesia Association, Kiyoe Tanaka Sitanggang, Teruko Ibrahim, dan Suwarni Widjaja. Para penerima penghargaan adalah warga Jepang yang tinggal di Indonesia dan sudah menjadi WNI.

Selain bangga, Dubes Tanizaki juga mengaku kagum atas ketekunan para penggiat Chado. Karena Chado yang mereka tekuni mampu berdampak baik bagi persahabatan Indonesia-Jepang, dan juga memperdalam pemahaman terhadap persahabatan kedua negara.

"Saya kenal betul dengan mereka, walaupun sudah tidak lagi muda, tapi mereka tetap tekun. Bahkan diharuskan duduk selama 90 menit saat melangsungkan Chado. Saya sangat kagum dengan mereka," ujar Dubes Tanizaki saat ditemui di kediaman Dubes Jepang di Jakarta Selatan, Jumat (6/11/2015).

"Dengan semangat yang mereka miliki, saya merasa kagum sekaligus malu pada diri sendiri. Saya juga masih ingat, pada tahun pertama penugasan di Indonesia, saya diundang upacara minum teh oleh para instruktur," lanjutnya.

Chado bukan hanya sekedar upacara minum teh, tetapi pemahaman dan pola hidup masyarakat Jepang. Tanizaki mengucapkan banyak terima kasih kepada penggiat Chado yang terus antusias mempopulerkan budaya Jepang di Indonesia. (Nabila Gita)


(WIL)