KPU Libatkan Pakar di Debat 3 Kabupaten DIY

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 07 Nov 2015 16:16 WIB
pilkada serentak
KPU Libatkan Pakar di Debat 3 Kabupaten DIY
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Yogyakarta: KPU Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar debat kandidat untuk calon bupati-wakil bupati di DIY. Para calon yang mengikuti debat itu di antaranya dari Kabupaten Gunungkidul (empat pasangan calon), Kabupaten Bantul (dua pasangan), dan Kabupaten Sleman (dua pasangan).

Komisioner Bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilu dan Humas KPU Yogyakarta, Farid Bambang Siswantoro, menjelaskan pelaksanaan debat kandidat itu sudah dimulai dari Kabupaten Gunungkidul pada 31 Oktober (antarcalon bupati). Setelah itu, dilanjutkan pada 14 November (antarcalon wakil bupati) dan 1 Desember (antarcalon wakil bupati).

Di Kabupaten Bantul, ia melanjutkan, debat kandidat dilakukan 19 dan 26 November, serta 3 Desember. Di Kabupaten Sleman, debat kandidat dilakukan 21 dan 28 November, serta 5 Desember. "Debat kandidat disiarkan Jogja TV dan TVRI," kata Farid saat dihubungi, Sabtu (7/11/2015).

Ia menjelaskan, dalam debat itu, KPU melibatkan para akademisi dan pakar di Yogyakarta. Mereka yang terlibat antara lain ahli pemerintahan UGM Mada Sukmajati dan Abdul Gaffar Karim, ahli lingkungan UGM Bakti Setiawan, sosiolog Arie Sujito, dan Direktur Institute for Development and Economic Analysis (Idea), Wasingatu Zakiyah.

"Rencana kami juga mengajak Direktur Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM, Revrisond Baswir. Tapi, masih dalam konfirmasi," ujarnya.

Farid menjelaskan para moderator yang terlibat memiliki tugas menggali apa saja visi dan misi yang hendak dilakukan jika nanti terpilih. Visi dan misi yang disampaikan dalam debat, menurutnya, bisa menjadi gambaran bagi masyarakat, calon mana yang akan dipilih.

"Debat kandidat untuk memberi kesempatan masyarakat memahami visi dan misi calon pemimpinnya. Baik gambaran untuk kesejahteraan masyarakat, pembangunan, dan pengawasan pemerintahan," kata dia.



(UWA)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

2 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA