Tolak Pembangunan Bandara Tak Direspon, Aksi Mogok Makan Diakhiri

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 07 Nov 2015 17:12 WIB
Tolak Pembangunan Bandara Tak Direspon, Aksi Mogok Makan Diakhiri
Aksi mogok makan warga Kulonprogo yang menolak pembangunan bandara, diakhiri. Foto: Metrotvnews.com/Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Usaha menolak rencana pembangunan Bandara di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan aksi mogok makan di DPRD DIY, tak membuahkan hasil. Aksi yang dimulai 26 Oktober dan akan diakhiri 9 November, justru selesai 5 November lalu.

Koordinator aksi mogok makan, Santos Muhammad, menjelaskan aksi mogok makan terpaksa selesai karena tak kunjung mendapat respon dari anggota dewan maupun pemerintah.

"Ya, begitulah. Kita ke kantor DPRD pun tidak ada anggota dewan yang merespon. Yang menemui malah pegawai kesekretariatan biasa. Alasannya ada kunker ke luar kota," kata Santos, saat dihubungi, Sabtu (7/11/2015).

Santos mengaku akan mengatur langkah ke depan untuk menyusun tindakan yang efektif sebagai upaya penolakan pembangunan bandara. Pihaknya akan berkoordinasi dengan warga yang tergabung dengan paguyuban Wahana Tri Tunggal dan jaringan.

"Konsolidasi secepatnya. Apa langkah konkret yang mau kita lakukan. Apa dengan mendirikan posko di Kulon Progo atau bagaimana," kata dia.

Selain aksi mogok makan yang tak membuahkan hasil, LBH Yogyakarta juga menyatakan belum berencana mengajukan peninjauan kembali (PK) atas putusan kasasi Mahakamah Agung perihal Izin Penetapan Lokasi (IPL) pembangunan bandara yang diteken Gubernur DIY, Sultan HB X.

LBH Yogyakarta akan lebih dulu melakukan eksaminasi atau pengujian terhadap putusan MA itu. Eksaminasi untuk mengetahui banyak atau tidaknya kecacatan hasil putusan hakim.
(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA