Dana Pemprov Riau Menganggur di Bank Capai Rp2 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 07 Nov 2015 23:53 WIB
Dana Pemprov Riau Menganggur di Bank Capai Rp2 Triliun
Menkeu Bambang Brodjonegoro -- Foto: Reuters/Darren

Metrotvnews.com, Bogor: Pemerintah Provinsi Riau dinilai terlalu mengandalkan Pemerintah Pusat dalam menangani permasalahan kabut asap yang menyelimuti daerahnya.

Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro mengatakan Pemerintah Provinsi Riau mengaku tidak punya uang untuk menangani kabut asap. Padahal, kata dia, dana transfer daerah yang diberikan Pemerintah Pusat ke Pemerintah Provinsi Riau, masih tersimpan di perbankan daerah tersebut dan belum terpakai sebesar Rp2 triliun.

"Masalah asap kan Riau kena, airport-nya malah enggak aktif, tapi mereka bilang enggak punya anggaran asap. Tapi dana nganggur Provinsi Riau ada Rp2 triliun," kata Bambang di Hotel Haris Sentul, Bogor, Sabtu (7/11/2015).
 
Lebih lanjut, menurut dia, Pemerintah Provinsi Riau bisa menggunakan sebagian dana tersebut untuk menangani permasalahan asap tanpa harus menunggu penanganan dari Pemerintah Pusat.

"Saya yakin, kalau Rp200 miliar saja dikeluarin akan sangat bermanfaat untuk atasi Asap di Riau. Enggak fair juga kalau daerah minta pusat untuk tangani. Bilangnya enggak punya APBD, tapi uang nganggur Rp2 triliun," tandasnya.
(AZF)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

44 minutes Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA